News

2 Rumah di Humbahas Tertimbun Tanah Longsor, 2 Tewas, 6 Luka-luka

HUMBAHAS – Bencana longsor terjadi di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut). Akibat kejadian itu, ada warga tewas, belasan orang mengalami luka-luka, ada korban sempat hilang tertimbun longsor.

Peristiwa tersebut terjadi pada hari Selasa (21/11/2023) pagi. Berikut sederet hal diketahui yang dirangkum detikcom, Kamis (23/11/2023), terkait peristiwa bencana tanah longsor yang melanda kawasan Humbahas Sumut:

1) Waktu dan Lokasi Bencana Longsor
Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor mengatakan bencana tanah longsor itu terjadi tepatnya di Desa Haugaong, Kecamatan Pakkat. Longsor itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 06.30 WIW, Selasa (21/11/2023).

“Tadi pagi ada longsor di Desa Pakkat Hauagong sekitar jam 6.30 WIB,” kata Dosmar, saat dikonfirmasi detikSumut, Selasa (21/11/2023).

2) Warga Tewas dan Belasan Luka-luka
Akibat kejadian tersebut, belasan warga dilaporkan mengalami luka-luka. Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor mengatakan longsor itu menimpa sebanyak tiga unit rumah warga.

Selain itu, lima warga mengalami luka berat, 11 orang luka ringan. “Saat ini, lima orang dirawat di rumah sakit, satu meninggal, luka ringan 11 orang dan satu orang masih proses pencarian,” jelasnya.

3) Tim TNI-Polri Lakukan Evakuasi Warga
Pemkab Humbahas bersama TNI/Polri telah turun ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi warga. Dapur umum untuk para korban juga didirikan. Selain itu, dia mengatakan proses pencarian satu korban hilang itu juga masih terus dilakukan.

“Semua telah dikerahkan untuk membantu masyarakat, (pendirian) dapur umum untuk keluarga korban. Aparat kepolisian, TNI dan masyarakat sekitar bersama-sama membantu korban,” ungkap Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor.

4) Warga Sempat Hilang Ditemukan Tewas
Seorang warga yang sempat dilaporkan hilang tertimbun longsor di Humbahas akhirnya ditemukan. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal.
Dengan begitu, sejauh ini sudah ada dua korban yang dilaporkan tewas dalam longsor tersebut.

“Sudah ditemukan dan meninggal,” kata Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor saat dikonfirmasi detikSumut, Rabu (22/11/2023).

Dosmar belum memerinci lebih jauh soal penemuan jasad korban itu. Namun dia menyebut korban ditemukan kemarin sore. “(Ditemukan) kemarin sore,” ujarnya.

sumber:  detiknews

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Polda Sumut, Sumatra Utara, Poldasu

Related Posts

1 of 596