oleh

5 Wilayah yang Dianggap Paling Rawan saat Pemilu

AGUSSAIBUMI – Kasubdit 2 Politik Baintelkam Polri Kombes Pol Asep Ruswanda menuturkan potensi kerawanan daerah dalam hal keamanan Pemilu dipicu dari adanya ganguan ketertiban di masyarakat akibat masih adanya pihak-pihak yang siap menang, namun belum siap kalah.
“Jadi pertama kamtibmas, kedua ganguan dari pemilu yang kemarin sudah terjadi misalnya ada demonstrasi, itu jadi potensi semua,” ujarnya saat ditemui di di kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (22/11).
Dari catatan pihak kepolisian terkait indeks kerawanan pemilu (IKP) dalam segi kemanan, ada 5 wilayah di Pulau Jawa yang masuk kategori tingkat kerawanan sangat tinggi. Kelima wilayah tersebut secara berurutan ialah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Banten.
Variabel yang dijadikan indikatornya ialah adanya gejala-gejala masyarakat yang berpotensi menimbulkan konflik serta letak geografisnya yang cukup kuat dengan kegiatan-kegiatan politik.
Meski demikian, pihaknya mengaku telah mengantisipasi hal tersebut dengan terus melakukan pendekatan serta komunikasi dengan masyarakat melalui Babinkamtibmas. Pendekatan dialog secara langsung menurutnya tengah digunakan dan dianggap cukup efektif dalam meredam berbagai konflik yang terjadi khusunya dalam hal kepemiluan.
“Kita antisipasi mulai dari awal dari Babinkamtibmas. Nantinya akan sosialisasi tatap muka dan segala macam. Kemudian dari yang berpakain dinas yang lain ada patroli,” ujarnya.
Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Abhan menuturkan mengapresiasi informasi tentang indeks kerawanan Pemilu 2019 yang disampaikan oleh kepolisian. Menurutnya hal tersebut akan dijadikan strategi dalam melakukan pengawasan serta monitoring di beberapa wilayah tersebut.
Dirinya pun memandang parameter yang dilakukan oleh pihaknya terhadap indek kerawanan pemilu (IKP) memang lebih fokus kepada pendekatan seperti partisipasi sosial politik dan kontestasi pemilu secara kawasan. Pihaknya pun akan meningkatkan pengawasan di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Banten. Pasalnya, lima provinsi ini tercatat memiliki tingkat kerawanan tinggi.
“Misalnya bagi Bawaslu, kami hanya menilai kerawanan dari aspek kontestasi, partisipasi sosial politik dan hal lain. Sementara itu, kepolisian pendekatannya lebih kepada keamanan,” ungkapnya. (MI)
 
#PolriPromoter #PemiluAmanSejukdanDamai #Pemilu2019AmandanDamai  @lambejeplak @lambeturah@seputarsemarang  @agussaibumi  #cegatanjogja #cegatansolo#cegatan #semarang #semaranghits#semarangexplore #jatenggayeng #jateng#jatengeksis #seputarindonesia#seputarsemarang #lambeturah @tribunjateng @tribunnews @zona_info@infokejadiansemarang@infosemaranghits@mediasemarangextreme@infocegatanseindonesia #jawa#jawatengah  @gadissosmed_@tribratanews @officialrcti @metrotv@mmtctv @cnnindonesia @kompastv@suara_merdeka @tvonenews @youtube@koboisarap @indosiar @tvrijateng  @antv_official @jawapos  @tempodotco@info_cegatan_boyolali@info.cegatan_jogja @info_cegatansolo@semarang_terbaru @semarangpsis@unnes_semarang @undip_semarang@kampusindonesia_ @nahdatul_ulama_@cb_jateng @ganjar_pranowo@kampussemarang @elshintanewsandtalk @elshintatv_jakarta @elshintadotcom @radioelshinta_smg @radioidolasmg @satgasnusantara #satgasnusantarapolri @tribratanews@polisi_peduli @polisi_kita @polisi_ku @polisi_masakini@ntmc_polri@dit.kamsel.polri@info_polri@polisii_indonesia@liputanpolri@merajut_kebhinekaan@lensa.polisi@satgasnusantara #SatgasAntiBlackCampaignJateng @SatgasAntiBlackCampaignJateng #SatgasPanganPolri #Natal #TahunBaru #Sembako #BBM #PolriPromoter 

banner 300250

News Feed