oleh

Antisipasi Bencana Polda Jateng Gelar Latihan Penganggulangan Bencana

hitamputih.co – Begitu besarnya potensi bencana alam di wilayah Jawa Tengah, Polda Jateng bersama dinas terkait dituntut memiliki kemampuan yang lebih di bidang SAR sehingga akan siap dan mampu melakukan tindakan SAR apabila terjadi bencana alam maupun kondisi dan situasi yang membutuhkan SAR.

Demikian antara lain dikemukakan Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Waka Polda Jateng Brigjen Pol Drs Ahmad Lutfi saat membuka pelatihan penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Merapi di Polres Magelang, Senin (26/11/2018).

Pembukaan dilakukan dengan pemukulan kentongan. Beberapa nara sumber berbicara di forum ini, baik dari jajaran Polda Jateng, BPPTKG, BPBD Kabupaten Magelang, SAR Kabupaten Magelang maupun lainnya. Pelatihan juga akan dilakukan di kawasan kaki Gunung Merapi di wilayah Kecamatan Dukun Magelang, Selasa (27/11/2018).

Berkaitan dengan kegiatan tersebut, lanjut Kapolda Jateng, selama 3 hari terhitung mulai 26 November 2018 dilaksanakan pelatihan penanggulangan bencana alam erupsi Gunung Merapi yang dilaksanakan Polda Jateng di Magelang. Pelatihan ini meliputi pelatihan penangguolangan bencana alam, pertolongan pertama kepada korban bencana alam maupun dalam hal penanggulangan peralatan SAR secara maksimal.

Maksud pelatihan ini diantaranya untuk melatih ketrampilan unsur pimpinan, staf dan pasukan dalam suatu komando latihan penanggulangan bencana alam Polda Jateng, melatih ketrampilan seluruh unsur yang ada dalam satuan terpadu penanggulangan bencana alam Polda Jateng serta menguji alat peralatan kelengkapan yang dipergunakan dalam melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam melalui proses, perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran operasi yang dilaksanakan secara terpadu.

Juga untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan anggota dalam melaksanakan tugas dalam bencana alam, melaksanakan pemantapan ketrampilan mekanisme penanggulangan bencana alam oleh personil Polda Jateng, meningkatkan koordinasi antar fungsi, baik opsnal kepolisian maupun instansi terkait dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam. Juga untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak dalam melaksanakan penanggulangan bencana alam.

Dengan melaksanakan pelatihan penanggulangan bencana alam ini, Kapolda Jateng berharap anggota mampu bertindak sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 25 Tahun 2011 tentang SAR POlri dan UU RI Nomor 24 tahun 2017 tentang Pedoman Penanggulangan Bencana Alam. (KR)

 

@lambejeplak @lambeturah @seputarsemarang  #migsémara #cegatanjogja #cegatansolo #cegatan #semarang #semaranghits #semarangexplore #jatenggayeng  #jateng #jatengeksis #seputarindonesia #seputarsemarang #lambeturah @tribunjateng @tribunnews @zona_info @infokejadiansemarang @infosemaranghits @mediasemarangextreme @infocegatanseindonesia #jawa #jawatengah @gadissosmed_ @tribratanews  @officialrcti  @metrotv @mmtctv @cnnindonesia @kompastv @suara_merdeka @tvonenews @youtube @koboisarap @indosiar @tvrijateng @antv_official @jawapos @tempodotco @info_cegatan_boyolali @info.cegatan_jogja  @info_cegatansolo @semarang_terbaru @semarangpsis @unnes_semarang  @undip_semarang @kampusindonesia_ @nahdatul_ulama_ @cb_jateng @kampussemarang @elshintanewsandtalk @elshintatv_jakarta @elshintadotcom @radioelshinta_smg @radioidolasmg @satgasnusantara   @merajut_kebhinekaan #psis 

banner 300250

News Feed