oleh

ICW: UU Tipikor Mendesak Direvisi

hitamputih.co – PENELITI Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S. Langkun mengatakan, UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) memang sudah mendesak untuk direvisi. Salah satunya ialah untuk melakukan penyesuaian dan implemenasi komitmen Indonesia dalam memberantas korupsi, yang terwujud dalam ratifiasi Konvensi PBB di bidang pemberantasan korupsi.

“Iya karena hasil review UU Tipikor-pun perlu banyak perbaikan. Apalagu Indonesia sudah ratifikasi United Nations Convention Againts Corruption (UNCIC),” ujar Tama, ketika dihubungi, Selasa, (27/11).

Tama mengatakan, seiring waktu tindak korupsi juga terus mengalami perubahan dan perkembangan. Itu mengapa revisi UU Tipikor menjadi sangat penting.

Mengingat pentingnya revisi tersebut, perubahan memang harus dilakukan dengan cepat. Tidak masalah apakah dengan proses revisi UU Tipikor atau melalui Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu).

“Karena mau revisi UU atau lewat Perppu itu kan pada akhirnya tetap harus lewat DPR. Jadi kalau KPK ajukan lewat Perppu ya lewat Perppu saja,” ujar Tama.

Ia mengatakan, banyak hal yang harus disertakan bila kelak akan dilakukn revisi UU. Salah satunya soal penindakan korupsi di sektor swasta.

Senada dengan Tama, Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Zainal Arifin Mochtar juga mengatakan jika usulan untuk UU Tipikor sebenarnya bukan hal baru. Hal itu terus disuarakan oleh KPK atau penggiat anti korupsi. Itu merupakan hal yang sudah semestinya dilakukan sesuai dengan ratifikasi UNCIC.

“Yang harus diperhatikan kalau memang mau direvisi atau dibuat Perppu adalah harus menyeluruh direvisi apa yang belum sesuai dengan UNCIC, jangan hanya terkait korupsi di sektor swasta saja,” ujar Zainal. (MI)

 

@lambejeplak @lambeturah @seputarsemarang  #migsémara #cegatanjogja #cegatansolo #cegatan #semarang #semaranghits #semarangexplore #jatenggayeng  #jateng #jatengeksis #seputarindonesia #seputarsemarang #lambeturah @tribunjateng @tribunnews @zona_info @infokejadiansemarang @infosemaranghits @mediasemarangextreme @infocegatanseindonesia #jawa #jawatengah @gadissosmed_ @tribratanews  @officialrcti  @metrotv @mmtctv @cnnindonesia @kompastv @suara_merdeka @tvonenews @youtube @koboisarap @indosiar @tvrijateng @antv_official @jawapos @tempodotco @info_cegatan_boyolali @info.cegatan_jogja  @info_cegatansolo @semarang_terbaru @semarangpsis @unnes_semarang  @undip_semarang @kampusindonesia_ @nahdatul_ulama_ @cb_jateng @kampussemarang @elshintanewsandtalk @elshintatv_jakarta @elshintadotcom @radioelshinta_smg @radioidolasmg @satgasnusantara   @merajut_kebhinekaan #psis 

banner 300250

News Feed