oleh

Obat dan Jamu Ilegal Senilai Rp 6,4 Miliar Disita BPOM di Semarang

hitamputih.co – Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang menyita 1.615 obat dan jamu ilegal senilai Rp 6,4 miliar. Barang bukti tersebut disita dari 19 produsen sudah diproses. Rata-rata prodak yang disita dijual online.

“19 produsen yang mengedarkan produk ilegal membahayakan tubuh sudah kita tindak. Dari jumlah seluruhnya, delapan merupakan produsen jamu tradisional, tujuh produsen kosmetik, dan dua kasus penjualan obat dan pangan,” kata Kepala BPOM Kota Semarang Syafriansyah disela-sela pemusnahan di halaman kantor BPOM, Senin (26/11).

Syafriansyah menjelaskan, banyaknya pelaku usaha jamu dan obat ilegal dijual secara membuat BPOM melibatkan Ditreskrimsus untuk melacak peredaran tersebut.

“Kita libatkan Ditreskrimsus Polda Jateng untuk melakukan penyamaran di lokasi kejadian. Mereka punya teknik untuk membongkar pabriknya. Dari hasil penelusuran petugas dipasok dari kota besar Jakarta, dan paling banyak di Semarang,” ujar dia.

Safriansyah mengatakan, BPOM juga melakukan pembinaan terhadap 138 pelaku usaha lainnya. Dari data yang diperoleh sejak Januari 2018 sampai saat ini total nilai barang bukti yang telah diamankan mencapai Rp 6,4 miliar.

“Kita sudah sita yang paling banyak temuan jamu anti rematik ilegal dan jamu kuat. Modusnya pelaku biasanya mencampurkan zat-zat kimia dengan dosis tinggi. Ini sangat berbahaya,” ujarnya.

Oleh petugas ribuan barang bukti dimusnahkan dengan mesin Incenerator. Pemusnahan barang bukti disaksikan oleh petugas Kejari, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan Polda Jateng. (M)

 

@lambejeplak @lambeturah @seputarsemarang  #migsémara #cegatanjogja #cegatansolo #cegatan #semarang #semaranghits #semarangexplore #jatenggayeng  #jateng #jatengeksis #seputarindonesia #seputarsemarang #lambeturah @tribunjateng @tribunnews @zona_info @infokejadiansemarang @infosemaranghits @mediasemarangextreme @infocegatanseindonesia #jawa #jawatengah @gadissosmed_ @tribratanews  @officialrcti  @metrotv @mmtctv @cnnindonesia @kompastv @suara_merdeka @tvonenews @youtube @koboisarap @indosiar @tvrijateng @antv_official @jawapos @tempodotco @info_cegatan_boyolali @info.cegatan_jogja  @info_cegatansolo @semarang_terbaru @semarangpsis @unnes_semarang  @undip_semarang @kampusindonesia_ @nahdatul_ulama_ @cb_jateng @kampussemarang @elshintanewsandtalk @elshintatv_jakarta @elshintadotcom @radioelshinta_smg @radioidolasmg @satgasnusantara   @merajut_kebhinekaan #psis 

banner 300250

News Feed