oleh

Parpol Diminta Transparan Susun Laporan Bankeu

hitamputih.co – Partai politik (Parpol) penerima bantuan keuangan (bankeu) dari APBD Kota Magelang diminta menyusun dan menyajikan laporan pertanggungjawaban yang transparan dan akuntabel. Juga melakukan pendidikan politik bagi masyarakat dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender.

Hal itu diungkapkan Pj Sekda Kota Magelang, Sumartono yang mewakili Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito dalam forum diskusi politik di Hotel Safira, Rabu (28/11). Hadir sebanyak 36 orang pengurus Parpol penerima bantuan keuangan.

“Kami harap laporan dari Parpol penerima bankeu transparan dan akuntabel sesuai aturan yang berlaku. Untuk menuju itu, maka manfaatkan forum diskusi ini untuk menyamakan persepsi tentang penyusunan laporan pertanggungjawaban bankeu,” ujarnya.

Dia menilai, forum diskusi politik sebagai bagian dari pendidikan politik ini mutlak diperlukan untuk mendukung upaya rekruitmen politik yang efektif. Hal ini dalam rangka menghasilkan kader-kader partai yang memiliki pengetahuan dan pemahaman bidang politik serta kapabel menjadi pemimpin.

“Dengan pengetahuan politik yang mumpuni, diharapkan dapat mengoptimalkan peran Parpol dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Juga sebagai mitra kerja pemerintah baik di pusat maupun daerah dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan,” katanya.

Sesuai Undang Undang Nomor 2 tahun 2008 yang kemudian direvisi dalam UU Nomor 2 tahun 2011 tentang parpol, katanya, Parpol diamanatkan untuk melakukan pendidikan politik bagi masyarakat dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender.

Sigit menyebutkan, pemerintah memberikan bantuan keuangan ke Parpol secara proporsional berdasar perolehan suara sebagaimana ketentuan dalam peraturan perundangan. Bankeu ini diberikan, mengingat besarnya tanggung jawab parpol dalam melaksanakan peran dan fungsinya, serta dalam rangka membantu kelancaran administrasi dan operasional sekretariat Parpol.

“Selanjutnya sebagai lembaga yang memanfaatkan dana APBD, Parpol wajib menyampaikan laporan pertanggungjawaban keuangannya pada otoritas pemerintah,” tandasnya. (SM)

 

@lambejeplak @lambeturah @seputarsemarang  #migsémara #cegatanjogja #cegatansolo #cegatan #semarang #semaranghits #semarangexplore #jatenggayeng  #jateng #jatengeksis #seputarindonesia #seputarsemarang #lambeturah @tribunjateng @tribunnews @zona_info @infokejadiansemarang @infosemaranghits @mediasemarangextreme @infocegatanseindonesia #jawa #jawatengah @gadissosmed_ @tribratanews  @officialrcti  @metrotv @mmtctv @cnnindonesia @kompastv @suara_merdeka @tvonenews @youtube @koboisarap @indosiar @tvrijateng @antv_official @jawapos @tempodotco @info_cegatan_boyolali @info.cegatan_jogja  @info_cegatansolo @semarang_terbaru @semarangpsis @unnes_semarang  @undip_semarang @kampusindonesia_ @nahdatul_ulama_ @cb_jateng @kampussemarang @elshintanewsandtalk @elshintatv_jakarta @elshintadotcom @radioelshinta_smg @radioidolasmg @satgasnusantara   @merajut_kebhinekaan #psis #pemiludamai #pileg2019 #pilpres2019 #pemilu2019 #indonesiadamai 

banner 300250

News Feed