oleh

Polrestabes Semarang: Bawaslu Kota Semarang Limpahkan Laporan Perusakan Bahan Kampanye Caleg

AGUSSAIBUMI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang melimpahkan kewenangan pengusutan atas laporan bahan kampanye seorang caleg ke Polrestabes Semarang.
Pelimpahan tersebut dikarenakan laporan perusakan tidak merupakan obyek dalam tidak pidana pemilu.
150px-Lambang_Polda_JatengKoordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Semarang, Naya Amin Zaini, melalui keterangan persnya, Senin (19/11/2018) mengatakan, perusakan bahan kampanye masuk kategori pelanggaran pasal 406 ayat 1 KUHP.
Dalam pasal tersebut disebutkan barang siapa yang dengan sengaja merusak barang milik orang lain seluruhnya atau sebagian diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.
Ia memaparkan, laporan perusakan bahan kampanye disampaikan Caleg Partai Golkar Dapil 6 Kota Semarang, M Ali Budi Santoso pada Kamis (15/11/2018).
Pelapor melaporkan dugaan perusakan bahan kampanye berupa poster miliknya yang baru dipasang di jalan Pusponjolo dalam Gang 7 Rt 03/01 Kelurahan Bojongsalaman, Semarang Barat pada Rabu (14/11/2018). Bahan kampanyenya tersebut ditemukan rusak dan dibuang ditong sampah.
Pelapor menduga pelaku perusakan adalah warga setempat yang berinisial M. Pada saat pelaporan disertakan juga barang bukti berupa bahan kampanye yang rusak dan foto dokumentasi.
Selain itu pelapor juga menghadirkan dua saksi yang mengetahui kejadian perusakan yaitu MR dan IP yang merupakan tetangga terlapor.
“Atas pelaporan ini Bawaslu Kota Semarang segera bergerak cepat memproses untuk keterpenuhan syarat formil dan materiil.
Hasil kajian yang dilakukan bahwa perusakan bahan kampanye tidak merupakan obyek dalam tidak pidana pemilu akan tetapi masuk kategori pelanggaran pasal 406 ayat 1 KUHP,” jelasnya.
Untuk itu, lanjut Naya, Bawaslu Kota Semarang segera melimpahkan kasus ini ke Polrestabes kota Semarang yang berdasarkan UU No.8 Tahun 1981 tentang KUHAP dan UU No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia punya kewenangan untuk memproses lebih lanjut pelaporan tersebut. (TJ)
 
#PolriPromoter #PemiluAmanSejukdanDamai #Pemilu2019AmandanDamai  @lambejeplak @lambeturah@seputarsemarang  @agussaibumi  #cegatanjogja #cegatansolo#cegatan #semarang #semaranghits#semarangexplore #jatenggayeng #jateng#jatengeksis #seputarindonesia#seputarsemarang #lambeturah @tribunjateng @tribunnews @zona_info@infokejadiansemarang@infosemaranghits@mediasemarangextreme@infocegatanseindonesia #jawa#jawatengah  @gadissosmed_@tribratanews @officialrcti @metrotv@mmtctv @cnnindonesia @kompastv@suara_merdeka @tvonenews @youtube@koboisarap @indosiar @tvrijateng  @antv_official @jawapos  @tempodotco@info_cegatan_boyolali@info.cegatan_jogja @info_cegatansolo@semarang_terbaru @semarangpsis@unnes_semarang @undip_semarang@kampusindonesia_ @nahdatul_ulama_@cb_jateng @ganjar_pranowo@kampussemarang @elshintanewsandtalk @elshintatv_jakarta @elshintadotcom @radioelshinta_smg @radioidolasmg @satgasnusantara #satgasnusantarapolri @tribratanews@polisi_peduli @polisi_kita @polisi_ku @polisi_masakini@ntmc_polri@dit.kamsel.polri@info_polri@polisii_indonesia@liputanpolri@merajut_kebhinekaan@lensa.polisi@satgasnusantara #SatgasAntiBlackCampaignJateng @SatgasAntiBlackCampaignJateng #SatgasPanganPolri #Natal #TahunBaru #Sembako #BBM #PolriPromoter 

banner 300250

News Feed