oleh

Polri: Survei Integritas KPK Bukan Patokan Tunggal

AGUSSAIBUMI – Kepala Divisi Humas Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan setiap survei memiliki penilaian dan hasil yang berbeda-beda. Bahkan banyak survei tentang polri yang menunjukkan hasil yang memuaskan.
“Survei tentang suatu objek bisa berbeda tergantung variabelnya apa yang mau diukur,” kata Iqbal, kepada Media Indonesia, Kamis (22/11).
Sebenarnya banyak survei yang dilakukan tentang polri. Kata Iqbal, misalnya pada variabel tingkat kepercayaan publik dan kinerja sesuai tugas pokoknya, tentunya Polri terus berada di posisi lima besar.
“Polri menempati ranking tiga atau empat selama satu tahun terakhir,” jelas Iqbal.
Ia menambahkan, untuk survei yang dilakukan KPK sepertinya tentang integritas, namun harus dilihat variabel apa yang dipakai untuk mengukurnya. “Bisa saja akurat dan bisa juga bias,” lanjutnya.
Ia mengatakan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan banyak penghargaan kepada satuan-satuan polri atas integritasnya dan banyak satuan sudah ditetapkan sebagai satuan WBK & WBBM wilayah yang dianggap bebas korupsi dan wilayah bersih melayani.
“Sebagai organisasi besar dengan 450 ribu anggota, tidak gampang membuat perubahan dibanding organisasi kecil lainnya,” pungkas Iqbal.
Iqbal menegaskan, organisasi sebesar polri tentunya rentang kendali, dari tingkat pusat sampai dengan desa-desa perlu waktu dan tahapan untuk perbaikan.
Sebelumnya, Lembaga antirasuah melakukan survei dibantu Biro Pusat Statistik (BPS) terhadap 36 kementerian/lembaga dan pemerintahan daerah yakni 6 kementerian/lembaga, 15 pemerintah provinsi, dan 15 pemerintah kabupaten/kota.
Survei penilaian integritas (SPI) ini meliputi praktik suap atau gratifikasi, praktik jasa korupsi pengadaan barang dan jasa, whistleblowing system, praktik jual beli jabatan, dan praktik penggelembungan anggaran.
Berikut lima instansi yang mendapat nilai integritas terendah, Pemerintah Kota Bengkulu dengan 58,58 poin, Pemerintah Provinsi Banten 57,64, Pemerintah Provinsi Maluku Utara 55,29, Polri 54,01, dan Pemerintah Provinsi Papua 52,91. (OL)
 
#PolriPromoter #PemiluAmanSejukdanDamai #Pemilu2019AmandanDamai  @lambejeplak @lambeturah@seputarsemarang  @agussaibumi  #cegatanjogja #cegatansolo#cegatan #semarang #semaranghits#semarangexplore #jatenggayeng #jateng#jatengeksis #seputarindonesia#seputarsemarang #lambeturah @tribunjateng @tribunnews @zona_info@infokejadiansemarang@infosemaranghits@mediasemarangextreme@infocegatanseindonesia #jawa#jawatengah  @gadissosmed_@tribratanews @officialrcti @metrotv@mmtctv @cnnindonesia @kompastv@suara_merdeka @tvonenews @youtube@koboisarap @indosiar @tvrijateng  @antv_official @jawapos  @tempodotco@info_cegatan_boyolali@info.cegatan_jogja @info_cegatansolo@semarang_terbaru @semarangpsis@unnes_semarang @undip_semarang@kampusindonesia_ @nahdatul_ulama_@cb_jateng @ganjar_pranowo@kampussemarang @elshintanewsandtalk @elshintatv_jakarta @elshintadotcom @radioelshinta_smg @radioidolasmg @satgasnusantara #satgasnusantarapolri @tribratanews@polisi_peduli @polisi_kita @polisi_ku @polisi_masakini@ntmc_polri@dit.kamsel.polri@info_polri@polisii_indonesia@liputanpolri@merajut_kebhinekaan@lensa.polisi@satgasnusantara #SatgasAntiBlackCampaignJateng @SatgasAntiBlackCampaignJateng #SatgasPanganPolri #Natal #TahunBaru #Sembako #BBM #PolriPromoter 

banner 300250

News Feed