oleh

Sah, Sakit Jiwa Masuk DPT

hitamputih.co – Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, jumlah pemilih disabilitas di Kota Cirebon mencapai 722 orang. Jumlah tersebut terbagi dalam lima jenis, yaitu tunadaksa 165 orang, tunanetra 99 orang, tunarungu 151 orang, tunagrahita 134 orang, dan disabilitas lainnya sebanyak 173 orang.

“Untuk orang gila masuk kategori difabel tunagrahita,” ungkap Kepala Subbagian Program dan Data KPU Kota Cirebon, Efar Januar Udnur, kemarin.

Jumlah disabilitas tunagrahita tersebut tersebar di lima kecamat­an di Kota Cirebon. Setiap Kecamatan Kejaksan ada 20 orang, Kecamatan Lemahwungkuk 31 orang, Kecamat­an Harjamukti 31 orang, Kecamatan Pekalipan 31 orang, dan Kecamatan Kesambi sebanyak 21 orang.

Data tersebut, lanjut Efar, diperoleh berdasarkan hasil pencocokan dan penelitian (coklit) Pilgub Jabar 2018. Kala itu, coklit dilakukan secara langsung sehingga akan terlihat seseorang itu masuk golongan disabilitas atau tidak.  “Jika tergolong difabel, dimasukkan ke aplikasi sistem daftar pemilih (Sidalih),” ungkap Efar.

Sementara itu, pada Pemilu 2019 mendatang, jumlah DPT di Kota Cirebon mencapai 237.811 orang, meliputi 117.458 laki-laki dan 120.353 perempuan. Pemilih akan menggunakan hak pilihnya di 973 tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi, menegaskan bahwa setiap warga negara yang sudah berusia 17 tahun atau telah menikah secara hukum berhak dipilih dan memilih. Bahkan, untuk seseorang yang sedang terganggu jiwanya, hak pilihnya juga tetap tidak hilang.  “Sesuai aturan, orang gila tetap punya hak pilih,” tegas Didi.

Logistik pemilu

Komisioner KPU Banjarnegara M Syarif SW mengatakan saat ini logistik Pemilu 2019 sudah berdatangan. Namun, gudang penyimpanan hanya satu berada di Parancanggah.

“Gudang setempat jelas tidak akan mampu menampung seluruh logistik Pemilu 2019. Karena antara kapasitas gudang dan jumlah logistik tidak seimbang. Kami telah berhitung, setidaknya membutuhkan tiga gudang lagi sebagai tempat penyimpanan,” jelas Syarif, kemarin.

Menurutnya, gudang-gudang tersebut nantinya tidak hanya dipakai untuk penyimpanan logistik saja, tetapi juga sebagai tempat untuk melipat dan menata logistik.

Saat ini, lanjut Syarif, logistik yang telah datang di antaranya ialah 11 ribu lebih bilik suara, 16 ribu lebih kotak suara, 3 ribu lebih paket alat tulis kantor dan lainnya. Sementara itu, di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 ternyata belum dicetak. KPU setempat menyatakan sebagian parpol masih mengajukan revisi desain sehingga proses pencetakan APK lambat.

Ketua KPU Pamekaan, Mohammad Hamzah, menjelaskan revisi desain APK sebagian parpol itu justru diajukan setelah dianggap final dan sudah disetujui (approval).

Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi meminta agar KPU setempat segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar keterlambatan pengadaan alat peraga kampanye itu bisa segera teratasi.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, KPU setempat banyak menggunakan bilik pemilu lama sebab kondisinya masih bagus dan bisa digunakan. Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan, salah satunya ialah KPU Kota Yogyakarta yang hanya menerima tambahan 86 unit bilik suara baru dari KPU RI karena bilik suara lama masih dalam kondisi baik dan bisa dimanfaatkan. (MG)

 

@lambejeplak @lambeturah @seputarsemarang  #migsémara #cegatanjogja #cegatansolo #cegatan #semarang #semaranghits #semarangexplore #jatenggayeng  #jateng #jatengeksis #seputarindonesia #seputarsemarang #lambeturah @tribunjateng @tribunnews @zona_info @infokejadiansemarang @infosemaranghits @mediasemarangextreme @infocegatanseindonesia #jawa #jawatengah @gadissosmed_ @tribratanews  @officialrcti  @metrotv @mmtctv @cnnindonesia @kompastv @suara_merdeka @tvonenews @youtube @koboisarap @indosiar @tvrijateng @antv_official @jawapos @tempodotco @info_cegatan_boyolali @info.cegatan_jogja  @info_cegatansolo @semarang_terbaru @semarangpsis @unnes_semarang  @undip_semarang @kampusindonesia_ @nahdatul_ulama_ @cb_jateng @kampussemarang @elshintanewsandtalk @elshintatv_jakarta @elshintadotcom @radioelshinta_smg @radioidolasmg @satgasnusantara   @merajut_kebhinekaan #psis 

banner 300250

News Feed