oleh

Bhabinkamtibmas Polres Blora Berdayakan Ternak Lele Dengan Sistem Kolam Terpal

Polres Blora Polda Jawa Tengah | Bhabinkamtibmas desa Pilang Polsek Randublatung Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Suseno berdayakan warga di wilayah desa binaannya untuk memanfaatkan lahan atau pekarangan yang kosong agar lebih mempunyai daya guna bahkan bisa menghasilkan.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan pekarangan yang kosong untuk budidaya ikan lele dengan sistem kolam terpal. “Kami ajak warga untuk produktif dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita, salah satunya adalah dengan ternak lele sistem kolam terpal,” ucap Bhabinkamtibmas Bripka Suseno, Rabu, (22/07/2020).

Bripka Suseno mengungkapkan bahwa pihaknya memilih mengajak ternak lele dengan sistem kolam terpal karena di pandang mudah dan modalnyapun bisa dijangkau oleh warga binaannya, “Modalnya tidak terlalu besar dan perawatannyapun relatif mudah,” tandas Bripka Suseno.

Setiawan, salah satu warga yang telah menerapkan ternak lele dengan sistem terpal di desa Pilang, mengaku senang dengan adanya pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, dan dirinya telah menerapkan ternak lele dengan sistem terpal di pekaranganya, “Alhamdulilah, hasilnya lumayan, perawatannyapun mudah dan tidak mahal. Bisa untuk konsumsi sendiri bahkan tak jarang juga kita jual untuk tambahan penghasilan,” ucap Setiawan.

Lebih lanjut Bripka Suseno membeberkan bahwa pihaknya akan terus mendukung budi daya ikan lele tersebut dan dirinya tidak segan membantu jika ada kendala dilapangan, “Kami akan gandeng instansi terkait seperti petugas dinas pertanian dan peternakan, jika warga ada masalah atau kendala,” beber Bripka Suseno.

Selain mejaga stabilitas keamanan diwilayah tugas, bhabinkamtibmas juga menginginkan
agar warga binaanya bisa memanfaatkan lingkungan sekitar agar warga bisa produktif dan menghasilkan untuk mewujudkan ketahanan pangan, terutama di tengah pandemi covid – 19, “Kita ajak warga agar tetap produktif meskipun di tengah pandemi,” pungkas Bhabinkamtibmas.

(Penulis : Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi

News Feed