oleh

Melalui Video Conference, Diskominfo Batang Gelar Pelatihan Call Center 112

saibumi.id, Batang – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang bekerjasama dengan PT. Casmita, PT. Esa dan 168 Solution menggelar pelatihan Call Center 112 melalui video conference  di Ruang Analitik Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (9/7/2020).

Kepala Diskominfo Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser mengatakan, pelatihan Call Center 112 untuk meningkatkan pelayanan masyarakat apabila terjadi kegawatdaruratan, misalnya terjadi kecelakaan masyarakat bisa langsung telpon ke 112 yang bebas pulsa.

“Masyarakat tidak usah khawatir jika melihat kejadian seperti kecelakaan, kebakaran, dan bencana alam jika tidak mempunyai pulsa masih bisa menelepon 112 dan layanan ini 24 jam,” jelasnya.

Peserta pelatihan terdiri dari petugas yang  intansinya menangani kegawatdaruratan diantaranya Kepolisian, Damkar, Dinas Perhubungan, BPBD, dan Dinas Kesehatan.

Menurut Jamal, tujuan diselenggarakan pelatihan ini adalah agar intansi terkait  tahu betul dalam melayani masyarakat dengan kegawatdaruratan sehingga mempercepat penanganan,  “misalkan ada kecelakaan nantinya call taker yang ada di Command Center Kabupaten Batang bisa langsung menghubungi lewat sistem ke masing-masing instansi sesuai kebutuhan kejadian,” terangnya.

Penerapan Call Center 112 sebetulnya sudah mulai operasional sejak  bulan April 2020 yang lalu, tetapi waktu itu belum terintegrasi dengan intansi terkait. Insyallah setelah adanya pelatihan Call Center 112 bisa ditindaklanjuti.

Dijelaskannya, Intansi yang bergabung Tim Call Center 112 difasilitasi gawai yang kita pinjami yang berfungsi sebagai penghubung kalau ada pelaporan dari masyarakat dibidang kegawatdaruratan.

“Kami berharap setelah pelatihan ini karena yang melatih langsung dari trainer yang ahli dibidangnya yaitu  dari  168 solution peserta betul-betul mendapatkan ilmu yang terkait kegawatdaruratan sehingga kedepan masyarakat Kabupaten Batang lebih terlayani.” Ungkapnya.

Sementara, dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batang  BRIPKA Sidik Riyanto mengatakan, pelatihan Call Center 112 sangat bermanfaat sekali untuk Satlantas Polres Batang yaitu bisa membantu dan berkordinasi bersama mewujudkan pelayanan yang prima dan mantap di Kabupaten Batang.

Pelatihan ini juga memberikan solusi pada  Satlantas Polres Batang, “karena kita bisa bekerja sama dengan intansi lain,  bisa melihat dan memantau arus lalu lintas menggunakan CCTV, sehingga bisa memberikan bukti  kalau ada kecelakaan dan bisa  mengungkap kejahatan lain yang terjadi di Pantura.” Pungkasnya.

News Feed