oleh

Sambangi Warga, Bhabinkamtibmas Polres Blora Ajak Petani Kreatif Manfaatkan Lahan

Polres Blora Polda Jawa Tengah – Untuk mendukung stabilitas pangan serta menciptakan peluang penghasilan tambahan bagi warga binaannya, Bhabinkamtibmas desa Sambongrejo Polsek Tunjungan Polres Blora Polda Jawa Tengah Brigadir Joko Supriyanto  mengajak warganya untuk kreatif dalam memanfaatkan lahan pertanian.

Melihat dan mengamati lahan pertanian di wilayah desa binaannya, dimana pasca panen raya padi banyak lahan yang kosong yang tidak di kelola dengan baik, dikarenakan mayoritas sawah dari para petani setempat adalah sawah tadah hujan. Berawal dari itulah Bhabinkamtibmas mengajak warganya agar memaksimalkan lahan pertaniannya agar bisa berproduksi meskipun musim tanam padi telah selesai.

Salah satunya adalah dengan penanaman sayur – sayuran. Brigadir Joko beranggapan, jika penduduk bisa memproduksi tanaman sayur sendiri maka tidak perlu mengeluarkan uang untuk belanja sayur, bahkan jika panen sayur melimpah maka dapat di jual sehingga bisa menambah pemasukan.

Baru baru ini Brigadir Joko menginisiasi penanaman kangkung dan kacang – kacangan di
dukuh Nglarangan, Desa Sambongrejo, Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora. Melalui patroli dialogis Brigadir Joko pelan – pelan mengajak warga untuk bertanam sayur selepas panen raya padi, “Kita ajak masyarakat tetap produktif, meskipun dengan sawah tadah hujan, salah satunya dengan penanaman sayur – sayuran,” ucap Brigadir Joko, Kamis, (16/07/2020).

“Dengan tetap produktif diharapkan dapat menciptakan ketahanan pangan, terutama jika petani bisa produksi sayuran sendiri,” tambah Bhabinkamtibmas.

Sementara itu Damin, salah satu warga desa Sambongrejo mengaku senang dengan inovasi yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas. “Alhamdulilah tananam kacang dan kangkung tumbuh subur, jadi tidak perlu belanja sayuran, bahkan kadang juga kita jual bisa untuk menambah penghasilan,” ucap Damin.

Sementara itu Kapolsek Tunjungan AKP Budiyono,SH mengungkapkan pihaknya terus mendorong anggotanya terutama bhabinkamtibmas untuk aktif turun ke desa binaan, terutama saat pandemi corona, bhabinkamtibmas harus ada setiap saat jika dibutuhkan oleh warganya.

(Bripka Arip Nirwanto, S.H. – Humas Polres Blora)

Bidhumas Polda Jawa Tengah – Obyektif – Dipercaya – Partisipasi

News Feed