oleh

Bhabinkamtibmas Polres Blora Pantau Hasil Panen Raya Padi

Polres Blora Polda Jawa Tengah |Musim panen padi secara serentak sudah dimulai di daerah Kabupaten Blora Jawa Tengah, salah satunya adalah di kecamatan Bogorejo. Untuk mendukung ketersediaan pangan nasional yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, seperti yang telah diinstruksikan Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK.

Bhabinkamtibmas desa Gombang Polsek Bogorejo Polres Blora Polda Jawa Tengah Bripka Alif Yoananda,SH melaksanakan patroli memberikan himbauan kamtibmas kepada para petani yang saat ini sedang musim panen padi secara serentak.

Sebagai Bhabinkamtibmas, Bripka Alif langsung terjun ke sawah memantau dan membantu proses panen hingga penjemuran padi.

Menyikapi harga gabah yang cenderung menurun daripada tahun lalu, Bripka Alif menyampaikan agar warga sabar dan tidak terburu buru dalam menjual hasil panennya.

Bripka Alif mengimbau para petani agar tidak menjual keseluruhan hasil panennya kalaupun mau menjual ke tengkulak harus menyisakan untuk kebutuhan di bulan bulan depan.Dia juga mengingatkan kepada tengkulak yang hendak membeli gabah petani agar tidak mempermainkan harga.

“Saat ini di desa Gombang lagi musim panen padi secara serentak, para penebas (tengkulak) banyak yang berkeliaran untuk membeli gabah petani, kita himbau kepada tengkulak untuk tidak menimbun gabah yang dibelinya,” tutur Bripka Alif.

Masih tambah Bripka Alif, ia menyampaikan imbauan agar petani tidak meninggalkan mesin traktor dan mesin diesel air di sawah, karena rawan terjadi pencurian.

“Saya pantau dilapangkan, ada beberapa warga yang meninggalkan mesin traktor dan mesin diesel air di sawah, meskipun sudah dikunci hal tersebut menimbulkan kerawanan tindak pidana pencurian. Lebih baik dibawa pulang ke rumah saja,” tandas Bripka Alif.

Berdasarkan pantauan Bhabinkamtibmas dilapangan, adapun harga gabah di wilayah desa Gombang kecamatan Bogorejo berkisar antara Rp 3.400, 00 sampai Rp 3.600,00 / Kg tergantung dari kualitasnya.

Suwarjan, salah satu warga desa Gombang mengaku senang dengan aktifnya Bripka Alif di desa, ia mengatakan apa yang dilakukan oleh Bripka Alif bisa menciptakan suasana yang aman dan menyejukkan bagi warga. “Terima kasih kepada pak Bhabinkamtibmas yang selalu hadir dalam kegiatan di desa. Alhamdulilah panen tahun ini hasilnya bagus, meskipun harga gabah menurun, kita harus selalu bersyukur. Harapannya semoga harga gabah bisa naik, sehingga petani lebih sejahtera,” kata Suwarjan.

Terpisah Kapolsek Bogorejo AKP Markus membeberkan bahwa apa yang dilakukan oleh Bripka Alif wajib di dukung, dengan aktifnya Bhabinkamtibmas di desa maka dapat menimbulkan keamanan dan kenyamanan di wilayah binaan masing masing.

“Apa yang dilakukan oleh Bripka Alif untuk menjalin hubungan dengan masyarakat, sesuai dengan instruksi bapak Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK untuk itu harus kita dukung untuk mewujudkan kemitraan yang baik dengan masyarakat,” beber Kapolsek Bogorejo AKP Markus.

News Feed