oleh

Polres Banjarnegara Tetapkan Standar Pelayanan Publik Guna Tingkatkan Mutu dan Kualitas Menuju Pelayanan Prima

Saibumi.id, Banjarnegara – Polres Banjarnegara menetapkan standar pelayanan publik berdasarkan undang-undang nomor 25 tahun 2009 yang meliputi 14 komponen standar pelayanan guna meningkatkan pelayanan dan mutu kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat menuju pelayanan publik yang prima.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si mengatakan, pada saat proses penyusunan standar pelayanan publik, Polres Banjarnegara melibatkan unsur LSM, akademisi dan masyarakat.

“Setiap pelayanan yang sudah disusun lalu disosialisasikan dan dipublikasikan sehingga masyarakat dapat mengakses standar pelayanan publik dengan mudah,” Katanya saat memberikan sambutan pada acara penetapan pelayanan publik di Aula Samgraha Marga Rupa Mapolres Banjarnegara, Jum’at (23/4/2021).

Ia mengungkapkan, Polres Banjarnegara pada tahun 2018 sudah mendapat predikat zona integritas wilayah bebas korupsi (WBK) kemudian tahun 2019 dan tahun 2020 mendapatkan nilai A- (sangat baik) dari kemenpan RB sehingga tahun 2021 Polres Banjarnegara berkomitmen akan terus berusaha mendapatkan predikat zona integritas dari wilayah bebas korupsi (WBK) menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

“Polres Banjarnegara dalam meningkatkan mutu pelayanan publik telah membuat inovasi Sarsipol (Sehat Aman Rumah Sakit Indonesia Pelayanan Online) yang telah diresmikan oleh Kapolda Jawa Tengah pada tanggal 24 September 2020,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, aplikasi Sarsipol tidak hanya berisi pelayanan kepolisian saja, namun juga terdapat layanan kesehatan bekerjasama dengan Rumah Sakit Islam (RSI), Rumah Sakit Emanuel Klampok, layanan bidang informasi Teknologi (IT) Bekerjasama dengan STIMIK Tunas Bangsa, layanan bidang ekonomi bekerjasama dengan STIE Tambara, bidang jasa pengantaran dan makanan bekerjasama dengan ojek online dan resto online,  PT Indonesia Power dan Kejaksaan Negeri Banjarnegara juga telah bergabung dengan Sarsipol.

“Inovasi ini dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses pelayanan publik pada semua fungsi kepolisian secara online,” tuturnya.

Ia berharap, penetapan standar pelayanan publik ini dapat meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan, sehingga pelayanan prima bisa dirasakan oleh masyarakat Banjarnegara.

“Dengan pelayanan yang prima kami berharal dapat meraih predikat wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM),” tandasnya.

Perlu diketahui, hadir pada acara penetapan standar pelayanan publik, Wakapolres Kompol Supriyadi, SH, Ketua Lembaga Pemantau Polisi Drs. Ridwn Abdul Wahab, S.Pd, Dosen Stimik Tunas Bangsa Nugroho, SH, Tokoh Masyarakat Galih Purwandaru, Wartawan Darno, Pejabat Utama Polres Banjarnegara dan anggota Sarsipol.

banner 300250

News Feed