oleh

Kecamatan Pulau Petak Paling Tercepat Dalam Pembersihan Saluran Primer Dan Skunder

Saibumi.id, KAPUAS – Dalam Pengembangan proyek lumbung padi Nasional, Kecamatan Pulau Petak adalah termasuk salah satu dari proyek tersebut. Hal ini disampaikan Camat Pulau Petak Seflihi,SE., di ruang kerjanya, Jumat (28/05/21) pagi tadi.

Dikatakan Camat Pulau Petak Seflihi,SE., bahwa proyek lumbung padi nasional ini, memang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui kementerian pertanian, karena diwilayah ini sangat cocok sekali dikembangkan tempat kegiatan penanaman padi unggul, maupun padi local.

“Sebab setiap tahun, di tempat ini dijadikan tempat menghasilkan produksi padi yang mampu menyumbang untuk kebutuhan masyarakat lokal, regional maupun nasional,” Jelas Seflihi.

Lanjutnya, dengan ditempatkannya proyek food estate di Kalimantan Tengah, yaitu di Kabupaten Kapuas ini, membawa dampak yang sangat baik untuk masyarakat di Kecamatan Pulau Petak.

“Di wilayah kami inilah yang tercepat dan tepat waktu dalam menyelesaikan pembersihan saluran primer dan sekunder, atau dengan istilah bahasa daerah pembersihan sungai dan handel yang ada wilayah ini,” ucapnya.

Dijelaskannya lagi, adapun tujuannya adalah menyiapkan lahan untuk masyarakat dalam pengembangan real food estate di kabupaten Kapuas.

“Hal ini berkat perjuangan dan kerja keras, serta dukungan seluruh masyarakat, kami telah berhasil memacu kontraktor dalam menyelesaikan pembersihan saluran primer dan saluran sekunder di wilayah ini, dengan demikian berarti bersihnya seluruh saluran primer dan sekunder ditempat ini, dapat membantu masyarakat dan juga dapat mencegah kebakaran hutan serta lahan sesuai dengan program yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui pemerintah daerah kabupaten Kapuas,” terangnya.

Menurut Seflihi, masyarakat juga bisa memanfaatkan keberadaan sungai dan handel yang sudah bersih itu sebagai sarana penunjang transportasi, dalam memulihkan ekonomi selama pandemi Covid 19 ini.

“Kami tetap menghimbau kepada masyarakat, agar membuka lahan pertanian untuk nantinya dapat meningkatkan produksi,” tutupnya. (Sariansyah)

banner 300250

News Feed