oleh

Menuju WBK dan WBBM, Ditlantas Polda Jateng Terus Berinovasi Beri Pelayanan Terbaik

Saibumi.id, Semarang – Dalam upaya untuk menghilangkan budaya pungli di Jawa Tengah, Ditlantas Polda Jateng terapkan ETLE. Tak hanya untuk berantas pungli, peneeapan ETLE juga untuk mewujudkan WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dalam menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bebas Melayani), Selasa (25/05/2021).

Dalam  menuju WBBM, Ditlantas Polda Jateng tak hanya luncurkan ETLE, namun juga aplikasi SIM dan STNK online dengan tujuan utamanya untuk membatasi kontak langsung antara petugas dan masyarakat.

“Saya tidak ingin mendengar adanya laporan soal anggota yang melakukan pungli. Hal ini dilarang dan bisa merusak citra institusi,” tegas Dirlantas.

Dirlantas juga memaparkan beberapa hal yang bisa mengundang potensi pungli.

“Misalnya, banyak pelanggar yang tak ingin repot datang ke pengadilan hingga akhirnya berkolusi dengan anggota agar pelanggaran di selesaikan di tempat,” terang Dirlantas.

Lebih lanjut, Dirlantas menjelaskan hadirnya e-tilang merupakan solusi untuk menuju wilayah WBK (Wilayah Bebas Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bebas Melayani).

E-tilang mempersempit kesempatan pungli dari anggota pada pelanggar.

“Untuk memberantas hal-hal tersebut e-tilang hadir, jadi sudah tidak terdengar itu pungli dan lainnya” jelas Dirlantas.

Dengan hadirnya e-tilang, terlihat sekali bahwa anggota polisi memperlihatkan perubahan perilaku yang baik, serta masyarakat pengguna jalan pun sudah sudah mulai kooperatif dan tak lagi berkolusi dengan anggota di lapangan.

Selain E-tilang, Ditlantas Polda Jateng juga munculkan aplikasi lain untuk memudahkan masyarakat dalam membuat SIM dan memperpanjang STNK yaitu dengan aplikasi SIM dan STNK online.

Dengan layanan ini, masyarakat tak perlu datang ke kantor polisi saat ingin mengurus SIM atau STNK yang habis masa berlakunya.

“Dengan Slogan Sosialisasi Menuju WBBM (Wilayah Birokrasi Bebas Melayani) sudah saatnya institusi Ditlantas Polda Jateng berbenah”, ujar Kombes Pol M. Rudi Syafirudin, SIK, SH.

Beliau juga mengajak anggotanya untuk mawas diri dalam melakukan segala sesuatu.

“Mulai hari ini, Ayo kita senyum pada siapa saja jangan kita merasa hebat jangan kita merasa-wah, ayo kita tetap merunduk (berjiwa rendah hati),” ujar Rudy. (Saibumi)

banner 300250

News Feed