oleh

Polres Pati Jateng Berhasil Ungkap 15 Container Berisikan 325 Unit Motor dan 41 Mobil Bodong, Dari Tangan Sembilang Pelaku*

Saibumi.id, PATI – Sembilan pelaku berhasil ditangkap Satuan Reskrim Polres Pati Polda Jawa Tengah, beserta barang bukti 325 unit motor dan 41 mobil dari dalam 15 Container, dari hasil tindak kejahatan yang siap dikirim ke Negara Timor Leste oleh para pelaku tersebut, dari sebuah gudang yang berada di Desa Gadingrejo, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, dan Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jumat Siang (28/5/21).

Dijelaskan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, jajaran Polres Pati Polda Jateng berhasil mengungkap kasus besar terkait dengan Dokumentasi kendaraan bermotor yang tidak ada pada kendaraan tersebut di wilayah Pati ini.

“Pengungkapan kasus ini, berdasarkan adanya laporan dari masyarakat kepada Polres Pati, yang kemudian di tindak lanjuti dan berhasil menangkap Sembilan pelaku, berserta barang bukti 325 unit motor dan 41 mobil dari dalam 15 Container,” kata Kapolda.

15 container yang sudah berisikan kendaraan ini, Lanjut Kapolda Jateng, akan dikirim ke Negara Timor Leste, semua kendaraan ini dari hasil modus operandi kejahatan yang dilakukan para tersangka.

Diungkapkan Kapolda Jateng, Kesembilan pelaku tersebut adalah, Muhamad Najih, Rofiq Andriyan, M Syaiful Anam, Suhulul Fitra, Muamar, Poniman, Khadrowi, Ahmad Nofi dan Marulli Agung Kurniawan. Sedangkan peran mereka berbeda beda, sedangkan untuk Pemberi dana pembelian Motor dan Mobil, adalah pelaku Muhamad Najih.

“Untuk pelaku Marulli Agung Kurniawan, pelaku ini warga Semarang dan sebagai Penyedia jasa ekspor dan Pendana pembelian mobil. Sedangkan untuk pelaku Rofiq Andriyan, bertugas mencari dan membeli sepeda motor tanpa kelengkapan surat-surat sah peruntukannya (tanpa BPKB),” terang Kapolda.

Untuk pelaku lainnya, kata Kapolda, ada yang bertugas sebagai securyti dan juga mengekusi kendaraan yang sudah mereka dapat dari konsumen. Kapolda juga mengatakan, para pelaku ini di jerat dengan pasal 481 dan 480 KUHP Jo Pasal 55 KUHP.

“Saya Kapolda Jawa Tengah memberikan apresiasi tinggi kepada jajaran Polres Pati terutama para penyidik dalam ungkap kasus ini. Dan Kepada masyarakat, untuk tidak membeli kendaraan bodong, karena dengan memiliki, membeli dan menggunakan motor atau mobil bodong, bisa di pidana dan penjara 4 tahun,” ungkapnya. (Bud/Saibumi).

 

 

 

 

 

banner 300250

News Feed