oleh

Dandim 0702/Purbalingga Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Dengan Virtual

Saibumi.id, PURBALINGGA – Meski tiap 1 Juni telah ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak tahun 2016 lalu melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, namun beberapa instansi pemerintah bahkan sampai ditingkat bawah tetap memperingati dan menyelenggarakan upacara. Hal ini tak lain karena tanggal 1 Juni ditetapkan pemerintah sebagai hari besar nasional yaitu sebagai Hari Lahir Pancasila.

Di beberapa wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Purbalingga, unsur Forkopimcam turut memperingati Hari Lahir Pancasila ini secara virtual dengan peserta terbatas serta wajib mematuhi protokol kesehatan lainnya karena masih dimasa Pandemi Covid-19 melalui kanal youtube Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) maupun melalui siaran TVRI di Aula masing-masing kecamatan.
Sedangkan ditingkat Kabupaten Forkopimda juga turut melaksanakan upacara serupa yang digelar di Pendopo Dipokusuma, Senin (1/6/2021).

Pelaksanaan Upacara ini dengan Presiden RI Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara, dalam amanatnya ia mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila harus benar-benar dapat mengokohkan nilai Pancasila dalam berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat.

Tantangan yang dihadapi Pancasila tidak semakin ringan, namun justru semakin berat dengan mencoba masuknya rivalitas dan kompetisi ideologi-ideologi lain, termasuk ideologi radikal.

Ideologi trasnasional cenderung semakin meningkat, bahkan memasuki semua lini masyarakat. Revolusi industri 4.0 mempermudah komunikasi dan koneksivitas dunia, hal ini dimanfaatkan oleh ideologi transnasional radikal untuk memasuki semua kalangan dan usia, tidak mengenal ruang dan waktu.

Kecepatan ideologi radikal bisa melampaui transnasional, perluasan dan pendalaman nilai Pancasila tidak bisa digunakan melalui cara-cara biasa. Harus dilakukan dengan cara luar biasa, menggunakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi Industri 4.0.

“Pancasila harus dijadikan landasan pengembangan teknologi ke-Indonesiaan.
Presiden mengajak seluruh komponen, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju,” katanya.

Usai Upacara virtual, Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Decky Zulhas, S.H., M.Han saat dikonfirmasi turut menuturkan, harapannya melalui momentum Hari Lahir Pancasila kali ini.

“Pancasila merupakan cerminan luhur bangsa sekaligus sebagai dasar negara dan pemersatu bangsa karenanya sebagai warga negara Republik Indonesia, kita wajib mengamalkan sila yang ada dari Pancasila baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” harapnya. (Bud/Satria)

banner 300250

News Feed