oleh

Jalan Semenisasi Palingkau Besar Rusak Parah, Butuh Perhatian Dari Pemkab Kapuas

Saibumi.id, KAPUAS – Ruas Jalan semenisasi yang menjadi pengubung jalan desa di RT 10 dengan RT 17, Kelurahan Palingkau Lama, Kecamatan Kapuas Murung, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, dibiarkan rusak tanpa adanya perbaikkan dan perhatian dari pemerintah Kabupaten Kapuas. Hal ini menjadi keresahan warga sekitar dikarenakan ini akses jalan dua warga tersebut, Rabu (9/6/21).

Menurut ketua Rt 10, Jailani, kepada awak media ini di kediamannya memaparkan, bahwa jumlah KK yang ada di Rt 10, ini sudah ada 240 KK belum lagi di tambah dengan wilayah Rt. 17.

Sedangkan menurut Jailani mata pencaharian sehari-hari warga di sini, adalah petani dan buruh saja. Menurutnya, sejak dibangun jalan semenisasi pada awal tahun 2007 sampai pertengahan tahun 2021 ini belum pernah terjadi pemeliharaan maupun rehab terhadap jalan ini, baik oleh pihak Pemda atau instansi terkait.

“Jalan palingkau besar ini, sebagai penghubung kedua Rt yaitu Rt.10 dan Rt.17 juga berfungsi sebagai penghubung menuju kota kecamatan dan hal ini sangat dikeluhkan warga sekarang, karena kondisi jalan tersebut,” ungkapnya.

Masih menurut Jailani, panjang jalan tersebut berkisar sekitar 2 kilometer, sedangkan lebar 2 meter, jalan ini sudah sering ia usulkan setiap tahun melalui musrenbang kecamatan dan bahkan sampai musrenbang kabupaten, namun hasilnya tetap nihil, seolah-olah tidak pernah diperhatikan oleh Pemda atau instansi terkait yang menangani bidang pembangunan jalan dan jembatan.

“Melihat kondisi jalan yang semakin lama bertambah rusak ini, kami meminta kepada Pemda Kabupaten Kapuas untuk segera melakukan perbaikan minimal rehab dan pemeliharaan terhadap jalan ini, agar aktivitas masyarakat dalam bertransportasi berjalan lancar, walaupun kita masih dalam kondisi pandemi covid, kami yakin warga bisa memulihkan ekonominya,” pungkasnya.

Sementara itu, PLT Camat Kapuas Murung, H Darani, ketika dikonfirmasi di kantornya kemarin siang belum bisa ditemui. (Sariansyah)

 

 

banner 300250

News Feed