oleh

Pringati Hari Lahir Pancasila, Pemprov Jateng Gelar Upacara Virtual Dengan Presiden Jokowi

Saibumi.id, SEMARANG – Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar upacara Hari Lahir Pancasila dengan presiden Jokowi, secara Virtual di Ruang Rapat Gubenur Jawa Tengah, Selasa Pagi (1/6/21).

Hadir dalam upacara virtual pagi tadi, Gubenur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wagub Taj Yasin didampingi Plh. Sekda Praetyo Aribowo, Ketua DPRD Provinsi Jateng Bambang Kusriyanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng Priyanto, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto.

Dalam Upacara virtual tersebut, terlihat dilaksanakan di Gedung Pancasila, Jakarta, dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo. Sedangkan rangkaian jalannya upacara Hari Lahir Pancasila, dimulai dari kesiapan pasukan dari TNI/Polri dan organisasi masyarakat, kemudian inspektur upacara memasuki tempat yang telah disediakan, pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, amanat inspektur upacara, pembacaan doa, dan selesai.

Presiden Joko Widodo yang mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan, dalam amanatnya, Presiden mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila ini, setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Utamanya dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” ucap Presiden dalam membacakan sambutannya.

Ia juga menambahkan, Pancasila dalam menghadapi perkembangan global yang tidak serta merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan. Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai, dan antarideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi. Perlu pendalaman Pancasila yang tidak biasa dengan memanfaatkan teknologi 4.0 yang berke-Indonesiaan. Saya mengajak semua elemen untuk bersatu demi mewujudkan Indonesia maju. Selamat membumikan Pancasila dalam bermasyarakat dan bernegara,” tandasnya.

Sementara itu, Gubenur Jawa tengah, Ganjar Pranowo Usai Upacara virtual dengan Presiden mengatakan, bahwa implementasi dan membumikan Pancasila, sudah menjadi tugas dan kewajiban semua elemen masyarakat sesuai arahan dan Intruksi Presiden.

“Jadi arahan Presiden yang jelas adalah satu yaitu membumikan Pancasila, hal ini menjadi tugas semua elemen masyarakat, agar Pancasila tidak menjadi konsep,” kata Ganjar.

Menurut Ganjar, implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari hari bisa dilakukan dengan berbagai tindakan nyata.

“Untuk itu, mari kita saling menghormati antar Agama, jangan saling meniadakan, kemudian kita punya rasa, tenggang rasa, saling membantu kepada mereka yang memerlukan. Apalagi kondisi Covid seperti ini, bantulah orang orang di sekitar kita,” tandasnya. (Bud).

banner 300250

News Feed