oleh

Wakil Bupati Kendal Membuka Pameran Lukisan “Menafsir Bapak Bangsa” Di BKR Kendal

Saibumi.id, KENDAL – Pameran seni lukis bertema ” Menafsir Bapak Bangsa ” di gedung Balai Kesenian Remaja (BKR) Kendal dibuka oleh Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki Sabtu, (12/06/2021) malam.

Pameran yang berlangsung selama 7 hari 13 hingga 19 Juni 2021 digelar oleh Kantung Kantung Budaya Kendal (FK3BK) menurut penggagas acara ini Kelana Siwi Kristianingtiyas serta di hadiri oleh anggota DPRD Jateng Dyah Kartika Murdoko, Ketua PC GP Ansor Kendal dan Ketua KNPI Kendal.

“Kegiatan pameran seni rupa ini merupakan wahana untuk menumbuhkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni rupa terutama nilai keindahan, nilai sejarah dan nilai budaya,” kata Pakde Bas sapaan akrab Wakil Bupati Kendal, dalam menyampaikan sambutannya.

“Dengan adanya pameran lukisan diharapkan masyarakat Kendal dapat membuka diri, karena yang namanya seni lukis di Kendal masih sangat awam bagi masyarakat. Kita tahu banyak masyarakat yang belum mengenal seni lukis sepert apa,” ujar Wakil Bupati.

Dia sangat berharap tidak hanya masyarakat dari golongan dewasa saja yang bersedia melihat dan mencari tahu seperti apa seni lukis yang dipamerkan, lebih luas lagi berupaya untuk tahu mengenai sosok seorang tokoh perjuangan.

Salah satu pelukis Hartono, mengatakan, tema Menafsir Bapak Bangsa bermakna filosofis, bahwa ini adalah ungkapan kekaguman dirinya kepada seorang tokoh.

“Saya tidak akan membela apa yang saya gambar atau obyek yang saya lukis, ini adalah ungkapan kekaguman saya kepada seorang tokoh di setiap visual dalam karya seni lukis yang ditampilkan,” katanya disela-sela pameran.

Saat ditanyakan mengenai jenis karya seni lukis, Hartono mengutarakan, sebagian besar bertema seorang tokoh perjuangan, baik dari obyek, rasa, dan tema. (DN)

banner 300250

News Feed