oleh

Diduga Sebagai Provokator, Dua Pelaku Berhasil Diamankan Polda Jateng

Saibumi.id, SEMARANG – Polda Jateng telah mengamankan dua orang yang di duga Provokator di Media sosial, dengan cara menghasut untuk melakukan kerusuhan aksi serentak di Semarang, Solo, Sukoharjo Brebes dan Kudus.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy, mengatakan, dari hasil penyelidikan dan pendalaman terhadap Rencana aksi di beberapa wilayah Jawa Tengah yang akan digelar pada tanggal 24 juli 2021, Polda Jateng telah menangkap dua orang Provokator.

Dijelaskan Iqbal, kedua pelaku provokator tersebut, adalah Laila dan Bagas. Mereka berhasil diamankan Polda Jateng, karena diduga sebagai provakator aksi dalam masa pandemi ini.

“Tadi malam Polda Jawa Tengah telah berhasil menangkap dua orang yang diduga provokator. Kedua orang ini mengajak dan menghasut warga untuk melakukan aksinya hari ini. Dalam menolak program pemerintah,” kata Iqbal, Sabtu pagi (24/7/21).

Sebelumnya, lanjut Iqbal, Kepolisian Polda Jateng telah melakukan pemantauan terhadap kegiatan mereka, melalui group klub tenis di aplikasi discord, disitu terdapat pembicaraan atau rencana aksi serentak yang akan dilakukan di beberapa daerah pada hari sabtu ini, tanggal 24 Juli 2021.

Masih kata Iqbal, bahkan mereka telah melakukan pembagian wilayah jawa tengah yang akan dilakukan aksi serentak dalam grup tersebut, yaitu Semarang, Solo, Sukoharjo, Brebes, Kudus.

“Mereka ini sudah mempetakan wilayah untuk melakukan aksi tersebut, dan juga sudah membagi tugas untuk menggerakkan massa di wilayah wilayah itu,” jelasnya.

Iqbal juga menjelaskan, dengan dilakikan pendalaman rencana aksi di wilayah Semarang dan sebagainya. Hal itu diketahui Berdasarkan haril rapat zoom meting yang dilakukan pada hari Kamis lalu 22 juli 2021, pukul 20.00 Wib dengan host Elly Al Yahya di link zoom Meeting ID : 81493262591, Passcode :733711, dengan Jumlah participant : 11 orang.

“Mereka ini sudah membuat konsep sebelumnya, Konsep aksi tersebut akan difokuskan pada satu titik. Forum sepakat bahwa turun aksi di Semarang, tetap pada tanggal 24 juli 2021,” jelas Iqbal.

Dijelaskan Iqbal lagi, mereka juga telah menentukan Titik Aksi dan Titik Kumpul, yaitu, Taman Tirto Agung Semarang, dengan Pj Paramedis, Elly, p3k a.n. diduga pelaku provokator dan untuk Pj banner, di pegang Naruya dan Asyrof. Sedangkan untuk poster cukup dari BPP, dan untuk pembuatan narasi dan pamflet seruan aksi ini dilakukan oleh Asyrof, Gusti (Undip).

“Bahkan dari pendalaman Polda Jateng, untuk wilayah Sukohajo, dalam group klub tenis solo ini, dibahas rencana aksi akan di laksanakan hari ini dengan titik kumpul simpang warung Palem Jebres Sukoharjo,” ungkap Iqbal.

Dia juga menghimbau kepada masyarakat Jawa Tengah, untuk tidak mudah terprovokasi dengan kedua pelaku ini. Saat ini Polda Jawa Tengah telah mengamankan kedua pelaku sebagai provokator.

“Adapun barang bukti dari tangan pelaku yang berhasil kita sita, berupa Postingan hasutan, rekaman zoom meeting dan sebagainya. Kedua pelaku ini dikenakan pasal 15 UU No 1 tahun 1946 Tentang peraturan hukum pidana,” pungkasnya. (Bud/Saibumi).

banner 300250

News Feed