oleh

Tak Kantongi Ijin, Galian C Di Sojomerto Dikeluhkan Warga

Saibumi.id, BATANG – Penambangan Galian C yang berada di Kabupaten Batang tepatnya di Desa Sojomerto, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, membuat resah dan menjadi keluhan warga sekitar, terkait adanya penambangan tersebut.

Hal ini diduga pemilik tambang Galian C, yang diduga tidak mengantongi ijin dan seakan akan bebas melakukan usaha tambangnya tanpa tersentuh Aparat Penegak Hukum.

Dikatakan salah satu warga Sojomerto yang enggan disebutkan namanya, mengungkapkan, bahwa kegiatan Galian C di wilayah desanya memang menjadi keluhan dan sangat mengganggu warga sekitar.

“Kita berharap kepada pemilik tambang, untuk dihentikan kegiatannya, karena selain membuat warga resah dan merusak lingkungan sekitar akibat galian C ini,” ucapnya, Minggu (4/7/21).

Dia juga mengatakan, terkait hal tersebut, warga banyak yang menanyakan keabsahan ataupun ijin dari galian C ini.

“Kami memang menanyakan ijin dari Galian C ini, karena pemilik tambang ini tidak pernah menunjukkan ijin Galian C tersebut, ya kalau tidak ada ijinnya inikan berbahaya dan melanggar hukum,” jelasnya.

Dari pantauan di lokasi, Kamis (1/7/21), tampak beberapa truk yang sedang mengangkut sertu dan keluar dari lokasi tambang Galian C. Hal ini memang sangat meresahkan warga dan menjadi keluhan warga.

Dari informasi yang dihimpun media ini, di dapati informasi bahwa pemilik Galian C di wilayah Sojomerto, diduga dimiliki oleh Lurah Karanganyar.

lurah Karanganyar Sarjuningtiyas, saat dikonfirmasi awak media, terkait galian C di wilayah Sojomerto melalui Wasthaap, Minggu (4/7/21), pukul 11.00 Wib, membenarkan, bahwa tambang Galian C tersebut miliknya.

“Iya tambang Galian C itu milik saya dan Kosim, namun saya tidak memiliki ijin,” kata Lurah Karanganyar ini.

Terkait hal tersebut, media ini langsung mengkonfirmasi Ditkrimsus Polda Jateng. Ditkrimsus Polda Jateng akan menyelidiki kasus Galian C di wilayah tersebut. (DW).

banner 300250

News Feed