oleh

Polisi Ingatkan Bahayanya Berkendara Sambil Main HP

Pekalongan – Saat ini berkendara sambil mengoperasikan handphone, seolah sudah menjadi kebiasaan yang wajar dilakukan di Indonesia. Tidak hanya pengemudi kendaraan roda empat, tetapi pengendara roda dua pun banyak yang bermain ponsel sambil berkendara.

Mungkin belum banyak masyarakat yang menyadari bahwa kebiasaan menggunakan gawai saat mengemudikan kendaraan bermotor menyimpan berbagai bahaya, mulai dari penyebab kecelakaan sampai menjadi korban penjambretan.

Seperti yang dialami seorang wanita berinisial RS, 25 tahun warga Batang beberapa waktu lalu, Jum’at (27/8/2021). Saat itu RS tengah sedang mengendarai sepeda motor Honda Vario melintas di jalanraya Pekajangan Kecamatan Kedungwuni sambil memegangi HP miliknya. Tiba-tiba dia dipepet oleh kendaraan yang tidak dikenal, dan salah seorang pelaku merampas HP milk RS yang selanjutnya Pelaku kabur dengan sepeda motor yang dikendarainya dengan kecepatan tinggi.

Saat itu juga Korban langsung melaporkan kejadian yang menimpanya ke pihak kepolisian Polsek Kedungwuni. Dari laporan Korban tersebut, anggota Unit Reskrim Polsek Kedungwuni dengan dibantu Tim Resmob Sat Reskrim Polres Pekalongan dan Tim Resmob Sat Reskrim Polres Pekalongan Kota kedua pelaku bisa di tangkap dan diamankan berikut barang buktinya.

Untuk itu Kapolres Pekalongan AKBP Dr. Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H., mengimbau kepada para pengendara untuk tidak menggunakan handphone saat berkendara karena dapat membuat pengendara tidak fokus dengan situasi sekitar dan berisiko mengundang tindak kejahatan.

Jika memang terpaksa atau dalam situasi darurat, AKBP Arief menyarankan agar pengendara menepi sejenak di lokasi yang lebih aman, imbaunya, Minggu (5/9/2021). (Yuli-Er$hi)

banner 300250

News Feed