oleh

Sinergi Penanganan Bencana, Polres Banjarnegara Bersama Basarnas Pos Wonosobo Latihan SAR

Saibumi.id, Banjarnegara – Polres Banjarnegara bersama Basarnas Pos Wonosobo menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR) di Mapolres Banjarnegara, Rabu (1/12/2021).

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto, SH, SIK, MH, M.Si mengatakan, dalam pelaksanaan tugas diperlukan adanya kecepatan, ketepatan dan efektivitas, khususnya jika terjadi bencana alam maupun non alam, sehingga diperlukan adanya bekal ilmu.

“Kegiatan kita lakukan untuk menyiapkan anggota Polri yang mampu dan terampil dalam melaksanakan tugas dilapangan baik secara perorangan maupun satuan,” ujarnya.

“Kami harapkan dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan sinergi dengan Basarnas, sehingga nanti pada saat melaksanakan tugas bisa menangani bencana secara profesional,” tuturnya.

Menurut dia, operasi Search And Rescue (SAR) dilakukan oleh personal yang memiliki ketrampilan dan teknik untuk tidak membahayakan tim penolongnya sendiri maupun korbannya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut serta mengaplikasikan Visi dan Misi Polri yaitu sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat serta sebagai penegak hukum, diperlukan kemampuan dan ketrampilan melalui pelatihan Search And Rescue (SAR),” kata dia.

Perwakilan Pos Basarnas Wonosobo Serma Sar Dani Fitra Maulana mengatakan, materi pelatihan meliputi Safety Prosedur diketinggian, simpul atau tali temali, lifting lowering dan Vehicle Accident Rescue.

“Adanya kegiatan ini maka kita bisa saling koordinasi jika terjadi laka lantas atau kejadian yang membutuhkan penanganan khusus, ucapnya.

“Misalkan bagaimana mengevakuasi korban yang ada di dasar jurang dan manajemen mengevakuasi korban kecelakaan yang terjepit atau dibawah kendaraan bisa dievakuasi dengan selamat,” kata dia.

Terpisah, Kasat Samapta AKP Agustinus Krisdwiantoro, SH mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana bentuk pelaksanaan tugas operasi SAR yang akan dilaksanakan apabila sewaktu-waktu terjadi musibah, terutama di Wilayah Banjarnegara.

“30 Personel Polres Banjarnegara berlatih bersama Basarnas, kita maksudkan apabila terjadi bencana kita siap siaga dan bersinergi,” tandasnya.

News Feed