BANJARNEGARA– Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 57 desa di Kabupaten Banjarnegara bakal digelar besok, 5 Maret 2024. Ratusan petugas keamanan diterjunkan untuk menjaga keamanan pilkades serentak gelombang II tersebut.

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso mengatakan, dalam pengamanan pilkades ini pihaknya menurunkan 587 personel. Petugas pengamanan di TPS terdiri dari anggota Polres Banjarnegara 346 personel, serta BKO Brimob 35 personel.

‚ÄúDitambah Polresta Banyumas 33 personel, Polres Purbalingga 33 personel, serta Kodim 0704 Banjarnegara 140 personel,” katanya dalam apel di lapangan tenis indoor Banjarnegara, Senin (4/3/2024).

Erick Budi Santoso menjelaskan, dalam pengamanan pilkades ini sudah dipetakan menjadi tiga tipe. Yakni rawan, sedang dan aman. Setiap tipe, pola pengamanannya berbeda-beda.

“Tipe rawan kita tempatkan 8 personel Polri, 1 TNI, melibatkan 20 linmas. Tipe sedang 6 Polri, 2 TNI, 20 linmas. Untuk yang aman 4 Polri, 2 TNI serta menyiagakan sistem rayon. Apabila terjadi sesuatu maka akan kami lakukan tindakan tegas sesuai peraturan Kapolri 01,” ujarnya.

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto berharap, pilkades tahun 2024 ini akan sukses dan dapat memilih calon kades terbaik untuk membawa perubahan di Banjarnegara.

Ia juga berpesan, kepada calon kades agar siap kalah dan siap menang dan semua berjalan jujur dan adil (jurdil). “Harapannya masyarakat juga menyalurkan hak pilihnya untuk menentukan calon pemimpin di desanya masing-masing,” tuturnya.

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu, Jawa Tengah, Jateng, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama