SEMARANG – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, berharap deja vu dalam suksesi Pilkada Serentak 2024 ini. Hal itu diungkapnya saat menghadiri acara Kenal Pamit Kapolda di halaman Mapolda Jateng pada Sabtu, (3/8).

Deklarasi Anti IRET, Polda Jateng Bersama Masyarakat Perangi Ekstrimisme
Ungkap Kasus Pelaku Pornografi Di Hari Anak Nasional; Irjen Pol Ahmad Luthfi Tunjukkan Komitmen Perlindungan Anak

“Terima kasih kepada Komjen Pol Ahmad Luthfi atas kerja samanya selama menjabat sebagai Kapolda Jateng dan selamat atas tugas barunya sebagai Inspektur Jenderal di Kementerian Perdagangan,” kata Nana dalam acara tersebut.

Selama lebih dari empat tahun menjabat sebagai Kapolda Jateng, Ahmad Luthfi telah memimpin Polda Jateng dengan baik, terutama dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat Jawa Tengah.

Berbagai prestasi telah diraih oleh Polda Jateng di bawah komandonya, salah satunya adalah keberhasilan mengungkap kasus-kasus mafia tanah.

Polda Jateng juga terus mendukung pemerintah dalam pengendalian inflasi di Jawa Tengah melalui Satgas Pangan. Atas kolaborasi tersebut, Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih predikat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berkinerja terbaik untuk kategori provinsi di kawasan Jawa dan Bali pada TPID Award 2024.

“Yang paling mengesankan, tentu saja Pak Luthfi ini memegang rekor sebagai Kapolda Jateng selama lebih dari empat tahun, ditambah jabatan sebagai wakapolda dua tahun. Jadi, total lebih dari enam tahun memimpin Polda Jateng,” katanya.

Nana juga menyambut Irjen Pol Ribut Hari Wibowo yang menggantikan Ahmad Luthfi sebagai Kapolda Jawa Tengah yang baru.

“Selamat datang di Jawa Tengah dan selamat bertugas kepada Kapolda Jateng yang baru, Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo,” ujarnya.

Kepada Ribut Hari Wibowo, Nana berharap sinergitas dan kekompakan bersama Forkopimda Jateng bisa terus terjalin dengan baik, terutama dalam upaya mewujudkan keamanan dan kondusivitas di Jawa Tengah.

“Selamat bergabung di Forkopimda Jateng, Mas Ribut. Bapak sudah sangat memahami kondisi masyarakat Jawa Tengah karena pernah bertugas sebagai Kapolres di beberapa wilayah di Jawa Tengah. Jadi tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi, bisa langsung tancap gas,” kata Nana.

Tantangan pertama Ribut Hari Wibowo sebagai Kapolda Jateng adalah Pilkada Serentak 2024. Tahapan penyelenggaraan Pilkada sudah dimulai, dan puncaknya adalah pemungutan suara pada 27 November 2024.

“Pilkada ini lebih rawan dibandingkan Pilpres dan Pileg. Itu tantangan pertama Mas Ribut dan kita semua,” ucapnya.

Berdasarkan pengalaman Pilpres dan Pileg yang lalu, Polda Jateng telah mendukung terwujudnya pemilu aman dan damai di Jawa Tengah. Nana ingin hal itu dapat diwujudkan lagi dalam Pilkada Serentak 2024.

“Kita harus bersinergi bersama Forkopimda, instansi terkait, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada sebagaimana Pilpres kemarin,” tutur Nana.

Sumber ; www.rmoljawatengah.id

 

Polrestabes Semarang, Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Kota Semarang, Pemkot Semarang, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Besar Semarang, Polisi Kota Besar Semarang, Artanto, Ribut Hari Wibowo