Jepara – Polres Jepara | Sebagai bentuk komitmen wujudkan Pilkada 2024 yang aman dan lancar, Kepolisian Resor (Polres) Jepara menggelar pelatihan aplikasi SOT Presisi, EWS dan DORS di di Ballroom Hotel Ono Joglo Bandengan Jepara, pada Rabu (7/8/2024) pagi.

Kegiatan yang digelar selama 2 hari dari tanggal 7 hingga 8 Agustus 2024 ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dengan diikuti oleh pejabat utama Polres Jepara dan peserta pelatihan atau operator yang berjumlah 82 orang.

Diketahui, dalam kegiatan pelatihan tersebut pematerinya dibawakan langsung dari personel Bagian Operasi (Bag Ops) Polres Jepara secara langsung yang diikuti oleh seluruh operator baik jajaran Polsek hingga Polres Jepara.

Kapolres Jepara mengatakan, bahwa mulai bulan ini kita menghadapi Operasi Mantap Praja (OMP) 2024 dalam rangka melaksanakan rangkaian pengamanan tahapan-tahapan pesta demokrasi Pemilu dan Pilkada 2024 dengan maksimal dalam menjaga situasi kamtibmas aman kondusif.

“Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi kesempatan yang berguna dalam mengoptimalkan penerapan teknologi modern dalam pelaksanaan tugas-tugas operasional kepolisian kedepannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Abituren Akpol 2003 ini menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memudahkan dalam pengawasan dan mengendalikan personel saat adanya operasi Kepolisian, serta diharapkan semua peserta semakin mengerti dan paham bagaimana cara mengoperasikan aplikasi SOT Presisi, DORS, dan EWS, sehingga akan meminimalisir terjadinya kesalahan saat menginput data pada saat operasi berlangsung.

Dalam kegiatan tersebut, ada beberapa penekanan yang disampaikan oleh Kapolres Jepara yakni ikuti semua pelatihan pengisian aplikasi ini dengan seksama dan sungguh-sungguh.

“Jika ada hal-hal yang tidak dimengerti tolong ditanyakan langsung kepada narasumber. Masukan dan saran dari rekan-rekan di jajaran yang sifatnya positif juga bisa langsung disampaikan. Semoga dengan adanya aplikasi SOT Presisi, DORS, dan EWS ini bisa membantu untuk mensukseskan pelaksanaan pengamanan Pemilu dan Pilkada 2024,” imbuhnya.

Sementara itu dalam keterangannya Kasi Humas Polres Jepara Iptu Rusiyanto menyatakan seluruh personil Polres Jepara siap melaksanakan tugas dalam Pilkada Serentak 2024 secara Profesional.

Iptu Rusiyanto menambahkan, “Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan bahwa seluruh personil Polres Jepara siap menghadapi tantangan dalam Pilkada Serentak 2024 secara Profesional, kami ingin setiap anggota memiliki pemahaman yang jelas dan mendalam tentang tugas dan tanggung jawab mereka, serta mampu berkoordinasi dengan baik. Ini adalah komitmen kami untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi berlangsung,” ucapnya.

Pelatihan dan peningkatan kemampuan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para operator dalam menjalankan tugas yang berkaitan dengan siatem pelaporan secara digital. Pelatihan ini juga menjadi kesempatan berharga bagi personel Polres Jepara untuk mengadopsi dan mengoptimalkan penerapan teknologi modern dalam tugas-tugas operasional, sehingga pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung dengan tertib, aman, dan damai, serta menghasilkan Pemilu yang berintegritas.

 

AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Polres Jepara, Kapolres Jepara, Kabupaten Jepara, Pemda Jepara, Jepara, Kapolda Jateng, Wakapolda Jateng, Kabidhumas Polda Jateng, Jateng