MAGELANG – Polda Jawa Tengah melakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2024.

Dalam arahannya, Kapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo menggarisbawahi tantangan besar yang akan dihadapi dalam Pilkada Serentak 2024.

Ia menyampaikan bahwa selain adanya potensi aksi kampanye hitam, politik uang, dan disinformasi, ancaman polarisasi politik dapat memicu konflik di masyarakat.

“Kerawanan ini harus kita antisipasi bersama, polarisasi yang dipicu oleh propaganda, hoaks, dan politik identitas dapat mengancam persatuan bangsa,” katanya di Grand Artos Hotel and Convention Magelang, Senin, 12 Agustus 2024.

Untuk meredam potensi tersebut, Kapolda Jawa Tengah menekankan pentingnya sinergitas antara Polri, TNI, dan seluruh elemen masyarakat melalui pendekatan yang humanis dan persuasif.

“Rangkul tokoh masyarakat, akademisi, dan berbagai elemen lainnya untuk menyuarakan Narasi persatuan dan kesatuan. Laksanakan kegiatan yang menyejukkan suasana serta kegiatan sosial yang mampu meningkatkan empati dan kohesi sosial masyarakat,” ungkapnya.

Kapolda Jawa Tengah juga menyoroti pentingnya manajemen sosial, manajemen media, dan manajemen kemitraan sebagai bagian dari strategi komunikasi publik dalam pencegahan krisis.

Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo mengingatkan bahwa isu-isu yang dihembuskan ke publik tidak boleh menimbulkan kemarahan, mengingat misinformasi dan disinformasi merupakan ancaman global yang serius dalam dua tahun ke depan.

Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi juga menekankan bahwa TNI tetap akan berdiri di atas netralitas dan tidak akan melibatkan diri dalam politik praktis.

Dan siap mendukung Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada berlangsung.

“Kodam IV Diponegoro mengerahkan personel untuk mendukung pengamanan Pilkada di wilayah Jateng, Ini adalah bentuk komitmen kami untuk memastikan Pilkada berjalan dengan aman dan damai,” ungkap Mayjen Deddy Suryadi.

Sumber : www.suaramerdeka.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo