Banjarnegara – Seorang nenek nenek berusia 59 tahun, inisial S, di Desa Purwonegoro, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara tercebur sumur. Evakuasi pun berlangsung dramatis usai korban terjebak 30 menit di dalam sumur.
Sekretaris Satpol PP Banjarnegara, Akhmad Qudasi mengatakan kejadian ini bermula saat S berjalan mendekati sumur. Warga saat itu melihat korban membuka asbes yang digunakan untuk menutup sumur.

“Ada warga Desa Purwonegoro yang juga tetangga korban ini melihat jika korban berjalan ke arah sumur di belakang rumahnya. Itu sekitar jam setengah 9 pagi. Korban juga terlihat membuka asbes dan selang yang digunakan untuk menutup sumur,” ujarnya saat ditemui di kantor Satpol PP Banjarnegara, Selasa (3/9/2024).

Namun selang beberapa detik terdengar suara orang tercebur ke sumur sedalam sekitar 12 meter. Mendengar suara itu, warga kemudian meminta tolong untuk melakukan evakuasi terhadap korban.

“Ada suara seperti benda jatuh. Setelah didekati ternyata korban sudah di dalam sumur dengan kedalaman sekitar 12 meter. Kemudian warga tersebut berteriak meminta tolong warga lainnya,” terangnya.

Usai mendapatkan laporan, tim pemadam kebakaran di Satpol PP Banjarnegara langsung melakukan evakuasi. Namun, proses penyelamatan terhambat oleh kurangnya peralatan vertikal rescue yang memadai.

Tim penyelamat harus menunggu kedatangan alat yang dipinjam dari anggota Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), yang menyebabkan keterlambatan dalam penanganan.

“Kendalanya karena peralatan kurang. Tapi alhamdulillah proses evakuasi berjalan lancar,” kata dia.

Sekitar 30 menit, korban berhasil dievakuasi. Korban dinyatakan selamat. Meski begitu, S mengalami sejumlah luka.

“Korban mengalami luka di punggung, kepala dan kaki. Setelah dievakuasi korban langsung dibawa ke rumah sakit PKU Muhammadiyah Purwanegara,” tambahnya.

sumber:  detikjateng

 

Polres Banjarnegara, Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, Pemkab Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kasatlantas Polres Banjarnegara, Satlantas Polres Banjarnegara, Iptu Mohammad Bimo Seno, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Banjarnegara, Polisi Banjarnegara, Artanto, Ribut Hari Wibowo