BANYUWANGI – Menjelang Pilkada serentak 2024 semakin dekat, untuk itu Bid Humas Polda Jatim mengadakan “Dialog Publik” secara daring dengan mengusung tema “Strategi Polri dalam rangka Pengamanan Pilkada 2024 Guna terciptanya situasi aman dan kondusif di Provinsi Jawa Timur,” di Hotel Grand Mercure Malang, Kamis (5/9/2024).

Dialog tersebut dipimpin langsung oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol. Dr. H. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum, yang diwakili Penata Kehumasan Polri TK II Div Humas Polri. Brigjen Pol I Komang Sandi Arsana, S.I.K., M.H., , Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., yang diwakili Dansat Brimob Kombes Pol. Suryo Sudarmadi, S.I.K., M.H., Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Dirmanto, S.H., S.I.K., serta turut hadir juga Ketua KPU Provinsi Jatim Aang Kunaifi, dan Ketua Bawaslu Provinsi Jatim A. Warits, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, M.P, serta Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan Mahasiswa.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si., yang diwakili Kabag Ops Kompol Idham Kholid yang hadir dalam kesempatan tersebut bersama Perwakilan KPU Banyuwangi, Perwakilan Bawaslu dan PJU Polresta Banyuwangi serta Kapolsek Jajaran.

Penata Kehumasan Polri TK II Div Humas Polri Brigjen Pol I Komang Sandi Arsana, S.I.K., M.H., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, Sesuai arahan Bapak Presiden Polri turut mendukung dan menyukseskan setiap tahapan Pilkada dengan menyiapkan strategi Pengamanan tahapan pilkada, menjaga netralitas, menjaga stabilitas, dan menjaga demokrasi kita agar Pilkada dapat berlangsung aman, dan lancar.

Dirinya juga menambahkan arahan Bapak Kapolri tentang Strategi Pengamanan Polri dan upaya bersama untuk mencegah terjadinya pelanggaran dalam penyelenggaraan Pilkada 2024.

“Khususnya dalam pengamanan penyelenggaraan Pilkada Polri sudah melakukan beberapa langkah-langkah diantaranya sudah melaksanakan Operasi Mantap Praja,” tuturnya.

Tambahnya ,” Polri bersinergi dengan Bawaslu dan kejaksaan untuk membuat sentra Gakumdu disetiap wilayah di Indonesia,” tutupnya.

Kapolda Jatim Irjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si., yang diwakili Dansat Brimob Kombes Pol. Suryo Sudarmadi, S.I.K., M.H., selaku Narasumber menambahkan bahwa Polri sudah menyiapkan strategi dalam pengmanan pilkada 2024, serta berharap peran aktif masyarakat dalam menjelang Pilkada serentak 2024 ini untuk dapat membantu dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Saat ini Polri khususnya polda jatim sudah melaksanakan Operasi Mantap Praja Semeru 2024 ini merupakan salah satu upaya Polri untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pilkada 2024.,” terangnya.

Menurut narasumber Insan Qoriawan selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, KPU telah menyelenggarakan Pemilu serentak kedua kali pada tahun 2024, Maka dari itu KPU sudah mempesiapkan dengan matang terkait setiap tahapan Pilkada Serentak 2024.

“KPU sebagai penyelenggara juga sudah mempersiapkan semuanya dengan matang dan berusaha untuk mewujudkan inovasi dan hal baru serta siap berkolaborasi bekerjasama agar semakin sinergis dan kolaboratif,” tambah Insan.

Narasumber berikutnya A. Warist sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Jatim menambahkan sebagai Strategi dalam pengmanan Pilkada 2024 , berupa sinergi dengan Polri dan Kejaksaan yang telah berjalan yaitu Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

“Dibentuknya Sentra Gakkumdu sebagai bagian dari upaya penegakan hukum pemilu yang berupa penanganan pelanggaran dan tindak pidana pemilu, serta sebagai sarana komunikasi dan koordinasi yang baik,” tutur A. Warist.

Tambahnya, “Sistem pengawasan pilkada Bawaslu melaksanakan kegiatan 4 M, Mengamati, Mengkaji, Memeriksa, dan Menilai,” tutup Ketua Bawaslu Jatim.

Sementara itu dari narasumber Wawan Mas’udi, S.IP., M.P.A., Ph.D selaku Dekan Fisipol Universitas Brawijaya mengatakan perlu adanya Konsolidasi Demokrasi dan penguatan komunikasi politik dalam menjaga keutuhan Nasional.

“Saya berharap dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan lancar serta untuk hambatan dan tantangan Pilkada 2024 dapat kita lewati bersama,”. Tuturnya.

Tambahnya “Berharap kepada TNI/Polri untuk tetap menjaga Netralitas selama Pilkada 2024 berlangsung,”

Kabag Ops Kompol Idham mengatakan dengan mengikuti kegiatan yang menampilkan Kolaborasi Polri , Bawaslu dan KPU dalam Strategi Pengamanan Jelang Pilkada Serentak 2024.

Hal tersebut dapat menjaring gagasan dalam memperkuat persatuan nasional dalam agenda Pilkada, Memberikan pemahaman arti sirkulasi kepemimpinan politik dalam perspektif stabilitas nasional dan Sebagai sarana menjelaskan peran strategis Polri dalam menjaga stabilitas nasional jelang Pilkada Serentak 2024.”Tutupnya

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono