HUMBAHAS – Sebanyak 20 rumah di Desa Dusun Bungus, Desa Sionom Hudon VII, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), diketahui belum dialiri listrik. Selain tanpa listrik, dusun yang sama juga tidak memiliki pendistribusian air bersih.

Ketua Panitia Pengabdian dari Ikatan Mahasiswa Humbang Hasundutan (IMHU) Universitas Sumatera Utara (USU), Very Jepta Purba mengatakan listrik dan air merupakan hal dasar dalam kehidupan sehingga dinilai sangat penting.

“Ada 20 rumah di Dusun Bungus yang sampai saat ini belum merasakan aliran listrik dan pendistribusian air bersih. Hal ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat,” katanya, Minggu (22/9/24).

Untuk itu, IMHU memberikan bantuan berupa pompa hidram yang dapat dioperasikan tanpa energi listrik agar bisa membantu masyarakat mendapatkan air bersih.

“Kami juga memberikan bantuan berupa buku, memberikan layanan kesehatan gratis serta gotong royong dalam pendirian taman. Kami juga melakukan sosialisasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat serta melakukan kegiatan ibadah bersama dengan masyarakat di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) untuk memperkuat ruang interaksi kami dengan masyarakat,” tambahnya.

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan