Banyuwangi – Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober mendatang dimaknai berbeda oleh Aipda Partika Budi Santoso, anggota Polsek Wongsorejo, Polresta Banyuwangi.

Ia melakukan aksi jalan kaki menempuh jarak sepanjang 35 kilometer lengkap dengan pakaian dinas lapangan (PDL).

Rute jalan kaki yang ditempuh yaitu dari Mapolsek Wongsorejo berakhir di Mapolresta Banyuwangi. Aksi itu tuntas dilaksanakn Partika pada Kamis (27/9/2024) kemarin.

“Ini saya lakukan sebagai wujud semangat dalam menyambut Hari Kesaktian Pancasila. Nilai-nilai Pancasila selalu menjadi pedoman, dan saya ingin memperingatinya dengan cara yang berbeda,” terang Partika, Jumat (27/9/2024).

Selain berseragam PDL lengkap, Partika turut membawa Bendera Merah Putih yang diikat pada tongkat. Menurutnya, itu merupakan simbol dirinya cinta Tanah Air.

Selain menempuh jalur beraspal yang terbilang panjang, panas terik matahari siang yang menyengat juga menjadi tantangan tersendiri. Ia pun tidak menggunakan pengawalan atau bantuan apapun.

“Tidak meminta bantuan. Ini merupakan inisiatif sendiri sebagai wujud kebanggan dan cinta saya akan tanah air,” ungkapnya.

Partika mengaku tak ada persiapan khusus sebelum menggelar aksi jalan kaki ini. Mengingat rutinitas hariannya kerap beraktivitas fisik seperti olahraga lari.

Sebagai seorang polisi yang aktif berolahraga, ia merasa yakin bisa menuntaskan jarak yang terbilang cukup jauh.

“Yakin pasti bisa. Dan alhamdulillah bisa tercapai,” tegasnya.

Aksi inspiratif ini menjadi simbol pengingat bahwa semangat Pancasila harus terus berkobar dalam setiap langkah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Lewat aksi ini, Partika ingin memberikan contoh bahwa cinta tanah air bisa dilakukan dengan pelbagai cara.

“Salah satunya dengan menempuh perjalanan penuh tantangan seperti yang saya lakukan. Semoga bisa menjadi lecutan semangat bagi yang lain,” tandasnya.

Sumber : mili.id

 

Polresta Banyuwangi, Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nanang Haryono, Banyuwangi, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Banyuwangi, Resta Banyuwangi, Kepolisian Resor Kota Banyuwangi, Polisi Resor Kota Banyuwangi, Polisi Banyuwangi, Kota Banyuwangi, Pemkab Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Nanang Haryono