HUMBAHAS – Bawaslu Kabupaten Humbang (Humbahas) melaunching Peta Kerawanan Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Humbahas, di Ayola Hotel Coffee Doloksanggul, Sabtu (28/9/2024).

Launching yang dibuka Ketua Bawaslu Humbahas Henri W Pasaribu, didampingi anggota, Efrida Purba dan Eduard B.Sianturi bersama dengan Koordinator Sekretariat Robinson Hasugian itu, dihadiri Forkopimda Humbahas, tokoh masyarakat/tokoh adat, OKP, tim kampanye pasangan calon dan juga staf sekretariat Panwaslu kecamatan.Henri menyampaikan, launching yang yang dipadu dengan sosialisasi pengawasan partisipatif itu, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bawaslu Humbahas guna menyosialisasikan pengawasan tahapan Pilkada 2024.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi dari Bawaslu Hambahas dalam rangka meningkatkan partisipasi pengawasan oleh masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan,” ujarnya.”Partisipasi masyarakat dalam pengawasan ke depan sangat urgen di mana wilayah pengawasan yang kita miliki tergolong luas. Untuk itu, penting dukungan dan partisipasi dari berbagai golongan,” tambahnya.

Henri menjelaskan pemetaan kerawanan di Kabupaten Humbahas yang dilaunching merupakan pondasi untuk melakukan pemetaan kerawanan di daerah itu.”Perhelatan pilkada dari tahun ke tahun di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan menjadi dasar untuk melakukan pemetaan dan mengidentifikasikan kerawanan pada tahapan Pilkada tahun ini,” tuturnya.

Bawaslu mengajak seluruh satakeholder terutama yang hadir saat itu untuk turut serta mengajak dan menuosialisasikan kepada masyarakat agar menjadikan pilkada serentak tahun 2024 menjadi pilakda yang damai, aman dan sejuk.”Melalui kegiatan ini kita sama-sama melakukan setiap proses dan tahapan berjalan dengan baik. Mari semua elemen masyarakat kita ajak dan turut serta menyukseskan tahapan Pilkada 2024,” tutupnya.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan peta kerawanan di Kabupaten Humbas bercermin dari pelaksanaan tahapan pilkada dari tahun ke tahun oleh Eduard B. Sianturi, anggota Bawaslu Humbahas yang membidangi Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas.Dalam pemaparannya disampaikan, peta kerawanan di Kabupaten Humbahas berada pada keadaan sedang.

Demikian juga dari Polres Humbahas dan Kajari Humbahas juga memaparkan Indeks Kerawanan berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh kedua instansi tersebut.

sumber: hariansib.com

 

Polres Humbang Hasandutan, Polres Humbahas, Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto, Hary Ardianto, Kepolisian Resor Humbahas, Polisi Humbahas, Kepolisian Resor Humbang Hasandutan