MALANG – Aksi kemanusiaan serta respons cepat ditunjukkan personel Satlantas Polresta Malang Kota.

Di saat bertugas, mereka dengan sigap membantu pengemudi mobil yang mengalami lepas roda.

Diketahui, peristiwa itu terjadi pada Kamis (10/10/2024) siang di Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Wakasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Luhur Santosa mengatakan, peristiwa itu berlangsung di saat anggota sedang bertugas mengatur lalu lintas.

“Kejadiannya terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu, ada mobil sedan BMW melaju dari arah barat atau dari Jalan Arif Rahman Hakim lalu berbelok ke utara di Jalan Basuki Rahmat,” ujarnya kepada SURYAMALANG.COM.

Dirinya menjelaskan, bahwa laju mobil tidak kencang. Namun tidak lama setelah berbelok, mendadak roda depannya terlepas.

“Jadi, roda depan sebelah kanannya tiba-tiba terlepas. Sehingga, mobil tersebut langsung berhenti di tengah jalan,” tambahnya.

Setelah itu, petugas langsung mendatangi dan meminta agar pengemudi turun dan menepi di pinggir jalan.

“Pengemudi mobil adalah perempuan dan hanya seorang diri. Untuk kondisinya aman, hanya panik dan kebingungan karena mobilnya mengalami lepas roda.”

“Untuk mobilnya sendiri, tidak bisa kami tepikan. Sehingga, kami lakukan pengaturan di sekitar lokasi agar tidak terjadi kemacetan,” bebernya.

Setelah itu, petugas langsung memanggil bantuan mobil derek untuk mengevakuasi mobil yang mengalami lepas roda tersebut.

“Sekitar jam 15.00 WIB, mobil derek datang dan mobil yang mengalami lepas roda itu dibawa ke bengkel,” tambahnya.

AKP Luhur Santosa mengungkapkan, bahwa mobil itu mengalami lepas roda dikarenakan baut roda tidak terpasang dengan kencang.

“Kata pemilik mobil, bahwa dua hari yang lalu baru saja ganti pelek. Di saat ganti pelek itu, kemungkinan bautnya tidak terpasang dengan kencang dan rapat, sehingga akhirnya terlepas,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya pun mengapresiasi respon cepat yang telah dilakukan anggotanya tersebut. Itu juga merupakan implementasi dari filosofi dan paradigma kepolisian yang kini mengedepankan humanisme serta menjadi bagian dari problem solving di masyarakat.

“Tentunya, ini juga merupakan implementasi dari arahan serta instruksi Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Fitria Wijayanti kepada anggota.”

“Untuk selalu sigap membantu masyarakat yang mengalami permasalahan, khususnya saat berada di jalan,” tandasnya.

Sumber : SURYAMALANG.COM

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono