DEMAK – Pasangan suami-istri (pasutri) asal Kabupaten Demak nekat menjadi komplotan pencurian ponsel di Klaten pada akhir September lalu. Mereka Adalah Achmad Adib, 44; dan Nur Aini, 31.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radarsolo.com, ponsel yang dicuri milik Dheigo Aji Wahyu Saputro, warga Rembang.

Ponselnya dicuri saat berinistirahat di SPBU wilayah Pandansimping, Desa Geneng, Kecamatan Prambanan, Klaten pada Minggu (29/9/2024).

Kejadian bermula saat korban berisitirahat di musala SPBU sekira pukul 01.00. Tetapi sekira 02.30, korban terbangun dan sempat memeriksa ponsel miliknya masih ada. Lalu melanjutkan istirahatnya.

Pada pukul 04.30, korban terbangun untuk menunaikan salat Subuh sekaligus memeriksa barang berharga milikinya. Tetapi mendapati ketiga ponsel dan dompet miliknya hilang.

Korban sempat memeriksa rekaman kamera CCTV di SPBU, terlihat dua orang menggunakan mobil berwarna putih menjadi pelaku pencurian ponselnya.

Mendapati laporan dari korban, Unit Reskrim Polsek Prambanan bersama Polres Klaten lalu melakukan penyelidikan. Diketahui pelaku berada di wilayah Kabupaten Demak. Pasutri itu ditangkap pada Selasa (1/10/2024).

Seusai ditangkap, lalu dilakukan interogasi oleh kepolisian. Diketahui pencurian ponsel milik korban dilakukan oleh Achmad Adib. Kemudian menyerahkan ke Nur Aini yang sudah menunggu di mobil.

”Dari pengakuan, perlaku pernah melakukan aksi yang sama di wilayah Kabupaten Boyolali. Tetapi belum ada laporan. Memang mereka ini mencari sasaran di musala SPBU, mencari celah saat korban tidur, lalu mengambil tas berisi ponsel,” ujar Kasatreskrim Polres Klaten AKP Yulianus Dica Ariseno Adi saat rilis di Mapolres Klaten, Selasa (8/10/2024).

Yulianus menjelaskan, dari pengakuan pelaku, mereka baru pertama kali mencuri ponsel di SPBU. Tetapi barang curiannya itu belum sempat dijual. Dia beralasan dari awal hendak berliburan ke Jogja.

”Untuk kedua pelaku, dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya selama tujuh tahun,” ujar Yulianus.

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai