MALANG KOTA – Awas! Bagi pengguna jalan di Kota Malang yang nekat melanggar, langsung kena tilang. Selain pelanggaran, menekan angka kecelakaan juga menjadi sasaran utama petugas Polresta Malang Kota, dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2024.

Sebanyak 250 personel gabungan dikerahkan, dari Polresta Malang Kota didukung Kodim 0833/Kota Malang, Denpom V/3 Malang, Dishub dan Satpol PP Kota Malang. Operasi ini secara simbolis dimulai usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan di halaman Mapolresta Malang Kota, Senin (14/10/2024) pagi.

Polresta Malang Kota, memastikan tak segan menindak seluruh simpatisan dan relawan ketiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota setempat yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas saat melakukan mobilisasi menuju lokasi kampanye.

Kasatlantas Polrestas Malang Kota, Kompol Fitria Wijayanti mengatakan jika tak mau ditilang, simpatisan dan relawan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota harus berkomitmen mematuhi aturan selama berkendara.

“Semua orang yang ikut kampanye harus tetap tertib lalu lintas dan ketika ada yang melanggar, kami melaksanakan penindakan terhadap pelanggaran,” kata Kompol Fitria usai Apel gelar pasukan operasi Zebra Semeru, Senin (14/10/2024).

Penindakan kata dia menerapkan prinsip berkeadilan, artinya semua pihak akan mendapatkan hal yang sama ketika kedapatan melakukan pelaggaran, seperti tidak menggunakan helm dan melanggar lampu lalu lintas

Pengawasan ketat terhadap keputuhan aturan berlalu lintas ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang berpotensi membahayakan masyarakat.

“Kami berupaya agar pelaksanaan kampanye pilkada aman dan tidak terjadi kecelakaan,” ujar dia.

Fitria tak menampik jika mobilisasi massa di tengah berjalannya masa kampanye Pilkada 2024 menjadi atensi khusus dari kepolisian pada Operasi Zebra Semeru.

“Kami juga mengawasi pergerakan dari massa pasangan calon di pilkada untuk kami antisipasi kecelakaannya. Kampanye bawa masa merupakan salah fokus kami,” ucapnya.

Sebagai informasi, Operasi Sebra Semeru 2024 diselenggarakan dalam kurun waktu dua pekan, yakni pada 14-27 Oktober 2024.

Beberapa titik rawan kecelakaan di Kota Malang sudah dipetakan dan diawasi dengan ketat, seperti Jalan Kolonel Sugiyono atau depan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah Gadang dan di sekitaran Jalan Dinoyo.

Sumber : SurabayaPost.id

 

Polresta Malang Kota, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Nanang Haryono, Malang Kota, Jawa Timur, Polda Jatim, Polres Malang Kota, Resta Malang Kota, Kepolisian Resor Malang Kota, Polisi Resor Kota Malang, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Pemkab Malang Kota, Kabupaten Malang Kota, Kodya Malang, Pemkot Malang Kota, Polisi Malang Kota, Kota Malang, Nanang Haryono