WONOGIRI – Satu orang dilaporkan tewas dan satu lainnya mengalami luka-luka setelah kecelakaan beruntun yang melibatkan tiga mobil dan satu sepeda motor di ruas jalan raya Pracimantoro-Wonogiri, tepatnya di Dusun Blimbing, Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Senin (14/10/2024). Kecelakaan maut ini dipicu oleh salah satu mobil yang mengerem mendadak, sehingga menyebabkan tabrakan beruntun. Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo mengatakan bahwa korban meninggal dan korban luka merupakan pengemudi dan pembonceng sepeda motor. “Pengemudinya meninggal dunia saat dilarikan ke rumah sakit,” ungkap Anom, kepada Kompas.com, Senin.

Empat kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan tersebut yakni: mobil Daihatsu Grandmax bernomor polisi (nopol) AD 1179 HB yang dikemudikan oleh Dwi Oegi (34), warga Kota Solo; mobil Honda Brio nopol AB 1422 QN yang dikemudikan oleh Ibnu Prasetyo (27) asal Pracimantoro; mobil Inova nopol AD 1164 YG yang dikendarai oleh Adhi Kristanto (47), warga Kecamatan Giritontro; serta satu sepeda motor Honda Verza R 3421 MG yang dikendarai oleh Dwi Suprastiyo (23) asal Semarang, yang berboncengan dengan Desi Wahyu Dwi Soviyan (28) dari Kabupaten Pacitan. Anom menjelaskan bahwa kecelakaan bermula saat keempat kendaraan tersebut melaju dari arah Eromoko menuju Wuryantoro.

Mobil Daihatsu Grandmax berada di posisi terdepan, diikuti oleh Honda Brio, Toyota Inova, dan sepeda motor Honda Verza di bagian belakang. “Sesampainya di lokasi kejadian, mobil Daihatsu Grandmax mengerem mendadak dan berhenti secara tiba-tiba di badan jalan. Akibatnya, mobil Honda Brio menabrak bagian belakang Grandmax.

Sementara itu, mobil Toyota Inova juga menabrak Honda Brio di depannya, dan sepeda motor Honda Verza menabrak mobil Toyota Inova,” jelas Anom.  (shutterstock) Dwi Suprastiyo, pengemudi sepeda motor, terjatuh dan mengalami luka di bagian kepala. Korban meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

“Pembonceng sepeda motor Honda Verza mengalami luka ringan. Sementara itu, tiga pengemudi mobil dalam keadaan baik,” tambah Anom. Setelah menerima informasi, tim Satlantas Polres Wonogiri segera melakukan olah tempat kejadian perkara. Di lokasi, polisi tidak hanya mengevakuasi korban, tetapi juga mengamankan empat kendaraan serta tiga pengemudi mobil untuk dimintai keterangan. Terhadap kejadian itu, Anom mengimbau pengguna jalan untuk tertib berkendara guna menghindari kecelakaan. Tak hanya itu, etika berkendara juga diperlukan untuk menghormati, menghargai dan menjaga keselamatan diri dan orang lain.

Sumber : KOMPAS.com

 

Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, AKBP Sigit, AKBP Erick Budi Santoso, Iptu Mohammad Bimo Seno, AKBP Suryadi, Kombes Pol Ari Wibowo, Kompol Muhammad Fachrur Rozi, Kepolisian Daerah Jateng, Polisi Jateng, Polri, Polisi Indonesia, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai