PURWOKERTO – Dalam upaya mengurangi angka kecelakaan fatal dan pelanggaran lalu lintas, serta mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, jajaran Polda Jawa Tengah menggelar Operasi Zebra Candi 2024.

Operasi ini akan berlangsung selama 13 hari, mulai hari ini, Senin hingga Minggu 14 – 27 Oktober 2024.

Sebagai langkah awal, Polresta Banyumas mengadakan Apel Gelar Pasukan yang dipimpin oleh Pj Bupati Banyumas, Iwanuddin Iskandar, bersama Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Ari Wibowo, dan Komandan Kodim 0701 Banyumas, Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama.

Apel tersebut dilaksanakan di halaman Mapolresta Banyumas.

Dalam sambutannya, Pj Bupati membacakan amanat Kapolda Jateng, Inspektur Jenderal Ribut Hari Wibowo, yang menekankan pentingnya cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden.

Operasi Zebra Candi 2024 akan menindak semua bentuk pelanggaran lalu lintas, terutama yang berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal.

“Operasi ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas. Kami akan melakukan sosialisasi, edukasi, serta pendidikan kepada masyarakat,” kata Pj Bupati.

Pj Bupati menambahkan bahwa Operasi Zebra Candi 2024 akan mengedepankan pendekatan edukatif dan humanis, dengan penegakan hukum yang dilakukan secara elektronik, baik statis maupun mobile.

Teguran simpatik juga akan diberikan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Fokus penindakan pelanggaran dalam operasi ini meliputi berkendara di bawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol, pencurian kendaraan bermotor, serta truk overloading dan over dimension (ODOL).

Kepolisian akan lebih mengutamakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pencegahan pelanggaran lalu lintas.

“Tujuan utama kami adalah menekan angka pelanggaran dan mengurangi angka kecelakaan serta fatalitas. Kami berharap masyarakat semakin sadar dan disiplin dalam menerapkan peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama,” tegasnya.

Pj Bupati juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan tertib berlalu lintas guna keamanan dan kenyamanan seluruh pengguna jalan raya, demi menciptakan Jawa Tengah yang tertib dalam berlalu lintas.

Sumber : suaramerdeka

 

Polresta Banyumas, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H., Pemkab Banyumas, Kabupaten Banyumas, Polda Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Agus Suryonugroho, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto, Jawa Tengah, Jateng, Kepolisian Resor Kota Banyumas, Polisi Banyumas, Ari Wibowo, Artanto, Ribut Hari Wibowo, pikadadamai, pilkadajatengdamai, pilgubjatengdamai