News

ASTRABI (Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia) Berkarya Untuk Negeri

JAKARTA – Astrabi terus melestarikan dan mengembangkan ‘Maen Pukulan Betawi Sebagai khasanah kekayaan budaya Nusatara dari Betawi untuk indonesia, hal tersebut dikemukakan oleh ketua umum ASTRABI, Yusron Sjarief. Ketua Umum Astrabi H Yusron Syarief juga mengatakan, agar pemerintah dapat lebih memperhatikan silat tradisi khususnya silat asli Betawi.

Yusron meminta pemerintah lebih memperhatikan hal tersebut. Sebab, sangat disayangkan kalau silat tradisi Betawi tidak dikembangkan. Malahan bakal cenderung punah.

“Astrabi meminta pemerintah juga memperhatikan silat tradisi Betawi, karena ini warisan budaya Indonesia,” ujar Yusron.

Dirinya menambahkan, bahwa pencak silat tradisi sudah sepantasnya mendapat pembinaan dan pengembangan serius dari pemerintah.

“Unesco telah menyatakan pencak silat sebagai warisan budaya tak benda dunia asal Indonesia, maka pemerintah harus ambil peran yang signifikan terhadap Pencak Silat tradisi,” sambung Yusron.

Menurutnya, harus ada nomenklatur khusus tentang pembinaan dan pengembangan pencak silat tradisi baik di APBN maupun di APBD.

“Sebagai bagian dari budaya bangsa, pencak silat menjadi bagian dari jati diri bangsa. Filosofi dan nilai-nilai dikandung, pencak silat merupakan pendukung karekter bangsa Indonesia,” ujar Yusron

“Saat ini Astrabi sedang melaksanakan Program – program kerja yang tentu saja bukan hanya kegiatan – Kegiatan yang menjaga dan melestarikan kebudayaan. Namun Astrabi juga mencoba mengembangkan Kebudayaan itu sendiri,dan para pegiat seni Budaya ini sangat memiliki daya Cipta kersat ide dan lain – lain, yang musti di apreasi oleh Pemprov DKI layak nya mereka harus mendapat jaminan hari tua” tutup Yusron

Ikuti berita terkini di Google News, klik di sini.

Related Posts

1 of 403