NewsSeputar Jateng

Banjir, Longsor dan Angin Kencang Kepung Wilayah Kabupaten Purbalingga

PURBALINGGA – Wilayah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah dilanda bencana banjir, longsor, dan angin kencang, Selasa 31 Januari 2023. Rangkaian bencana tersebut dipicu oleh hujan dan cuaca ekstrim yang turun sejak siang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Prio Satmoko mengatakan, banjir terjadi di Desa Sanguwatang dan Desa Karangjambu.

“Banjir luapan Sungai Laban merendam areal persawahan, kolam ikan, dan bangunan TK Pertiwi di Desa Karangjambu,” katanya.

Selain itu, banjir juga merendam jalan Desa Sanguwatang menuju Jingkang setinggi lutut orang dewasa.

Di waktu bersamaan, tanah longsor juga terjadi di sejumlah titik di Desa Karangjambu, Desa Sanguwatang dan Desa Danasari.

Sejumlah rumah warga rusak dan terancam akibat longsor. Material tanah juga menerjang talud dan menutup akses jalan di Desa Danasari.

“Tim reaksi cepat masih melakukan asesmen di lokasi-lokasi tersebut,” katanya.

Selain itu, angin kencang juga merata terjadi di wilayah Purbalingga. Sejumlah rumah dan fasilitas publik dilaporkan rusak akibat terbawa angin maupun tertimpa pohon tumbang.

Beberapa daerah yang paling parah terdampak angin kencang yakni Desa Mrebet, Desa Sumingkir, Desa Blater, dan Desa Karangnangka.

Kepala Markas PMI Kabupaten Purbalingga, Imam Karseno mengungkapkan, potensi SAR telah diterjunkan ke lokasi-lokasi untuk membantu petugas BPBD.

Selain melakukan pendataan, personel PMI Purbalingga juga turut membantu evakuasi dan pembersihan material bencana.

 

#POLDA JATENG, #JATENG, #JAWA TENGAH, #HUMAS POLRI, #DIVHUMAS, #POLRI, #PRESISI, #KAPOLDA JATENG, #IRJEN POL AHMAD LUTHFI, #IQBAL ALQUDUSI, #BIDHUMAS POLDA JATENG, #POLRESTABES SEMARANG, #POLRES REMBANG, #POLRES DEMAK, #POLRES BANJARNEGARA, #PEMKAB BANJARNEGARA, #KABUPATEN BANJARNEGARA, #BANJARNEGARA

Related Posts

1 of 5,225