NasionalSeputar Jateng

Bupati dan Forkopimda Demak Sisir Rumah Warga Ajak Pasang Bendera

DEMAK – Bupati Demak Hj Eisti’anah dan Wakil Bupati KH Ali Makhsun bersama Forkopimda melakukan penyisiran ke sejumlah desa.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui tingkat kesadaran warganya dalam menyambut HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Kamis, 4 Agustus 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Demak HS Fahrudin Bisri Slamet, Dandim 0716/Demak, Kajari, serta sejumlah perwira Polres, dan dari PN Demak.

Bupati mengaku senang melihat sebagian besar warganya telah memasang bendera merah putih di depan rumah masing-masing.

Sementara terhadap warga yang kedapatan belum memasang bendera, bupati langsung menemui pemilik rumah dan mengajak mereka untuk memasang.

Adapun terhadap warga yang mengaku belum memiliki bendera, bupati pun memberikan bendera secara cuma-cuma.

Tak hanya itu, bupati dan forkopimda membantu memasangkan bendera di halaman rumah warga.

Bupati mengatakan, kegiatan tersebut sesuai dengan instruksi Mendagri yang ditujukan kepada para Bupati dan Walikota untuk melakukan gerakan membagikan 10 juta bendera merah putih guna menyemarakkan HUT Ke-77 RI.

“Tentu ini juga sebagai bagian dari gerakan revolusi mental, yakni untuk meningkatkan kecintaan terhadap NKRI,” katanya.

Mbak Eisti mengatakan, sejak bulan Juli pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memasang bendera merah putih mulai 1-31 Agustus.

Di samping bendera juga memasang umbul-umbul serta pernak pernik yang dapat menyemarakkan HUT Ke-77 RI tahun ini yang mengusung tema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet menambahkan, bendera merah putih bukan sekadar kain dengan dua warna.

Namun di dalam bendera tersebut melambangkan jati diri bangsa Indonesia dan memiliki nilai perjuangan para pahlawan.

“Maka menghormati bendera merah putih sejatinya kita menghormati bangsa sendiri dan bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih Indonesia,” katanya.

Dia mengajak seluruh warga Kabupaten Demak untuk memasang bendera merah putih selama bulan Agustus di halaman rumah, kantor dan termasuk di lingkungan perusahaan.

“Kita harus menyambut peringatan kemerdekaan RI ini dengan rasa senang, di antaranya diwujudkan dengan pemasangan bendera merah putih,” tuturnya.

Sementara kedatangan bupati bersama sejumlah pejabat forkopimda secara mendadak ke rumah-rumah penduduk disambut positif warga.

Mereka pun antusias ikut memasangkan bendera di rumah warga dan tetangga.

“Baru kali ini ada bupati dan para pejabat datang untuk mengguggah kecintaan kami kepada NKRI dengan membagikan bendera merah putih.

Kami jadi semakin semangat menyambut HUT Kemerdekaan RI,” kata Ahmad warga Desa Katonsari Kecamatan Demak.

Penyisiran rumah warga dan pembagian bendera merah putih akan dilanjutkan oleh Badan Kesbangpol Kab Demak selama beberapa ke depan.

Related Posts

1 of 186