NewsSeputar Jateng

Cegah Kebakaran, Polres Jepara Gelar Patroli di Hutan

JEPARA – Polres Jepara menyatakan keseriusan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau yang berkepanjangan ini.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan terjun langsung masuk ke area hutan dan lahan yang berada di wilayah Kecamatan Mlonggo hingga Kecamatan Bangsri tepatnya di Pos Perhutani Petak 19 (Suwadang), Dukuh Krasak, Desa Bangsri, Jepara, pada Jumat, 15 September 2023.

Wahyu mengatakan, patroli diintensifkan di daerah-daerah rawan terjadinya karhutla akan dilakukan jajaran Polres Jepara.

“Patroli dialogis ini dilakukan sebagai bagian dari upaya Polres Jepara dalam mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, terutama dalam kondisi cuaca yang kering,” ujar Wahyu dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023).

Selain itu, Wahyu juga mengimbau dan mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten Jepara. Dia menyebut, kebakaran hutan bukan hanya merusak lingkungan, tetapi juga membahayakan keselamatan, kesehatan, dan menimbulkan kerugian ekonomi yang besar.

Saya Minum Ini Dan Rambut Saya Tumbuh Seperti Ajaib!
“Oleh karena itu, sebagai Kapolres Jepara, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ucap Wahyu.

Baca Juga: Saat Memiliki Pikiran Bunuh Diri, Lakukan Pertolongan Pertama Ini

Selain itu, Wahyu juga mengimbau agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Kemudian, jika melihat adanya tanda-tanda kebakaran atau titik panas di sekitar agar segera berupaya dipadamkan dan melaporkan kepada petugas terdekat.

“Dengan begitu, kita dapat mengambil langkah cepat untuk memadamkan api dan mencegah penyebaran yang lebih luas. Tingkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Pastikan tidak ada bahan-bahan yang mudah terbakar yang tergeletak di sekitar rumah atau area hutan,” kata Wahyu.

“Ajak keluarga, tetangga, dan teman-teman untuk bersama-sama ikut serta dalam upaya pencegahan karhutla. Pendidikan dan sosialisasi kepada mereka tentang bahaya karhutla juga sangat penting,” kata Kapolres.

sumber: krjogja

 

Polda Jateng, Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi, Kabidhumas Polda Jateng, Bidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, Ajun Komisaris Besar Polisi Sigit, Polres Rembang, Kapolres Rembang, Ajun Komisaris Besar Polisi Suryadi, Polres Pati, Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Polres Banjarnegara, Polrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Polres Sragen

Ikuti berita terkini di Google News, klik di sini.

Related Posts

1 of 6,463