News

Gencarkan Sosialisasi ke Sekolah, Ini Target KPU Banjarnegara di Pemilu 2024

Banjarnegara – Sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024, KPU Banjarnegara terus menggencarkan sosialisasi pada pemilih pemula dengan menyasar sekolah.

Masuknya KPU Banjarnegara ke lingkungan sekolah ini sebagai sarana sosialisasi dan pendidikan pemilih menyambut Pemilu 2024.

“Pemilih pemula perlu mendapat pengetahuan, sebagai bekal bagi mereka yang akan mencoblos untuk kali pertama dalam Pemilu 2024 mendatang. Oleh karena itu, kami terus berkeliling ke SMA/SMK/ MA untuk menyapa para pemilih pemula,” kata Syarif, seusai sosialisasi di SMK Taman Siswa Banjarnegara, Selasa (27/9/2022).

Menurutnya, sosialisasi pemilu dengan menyasar kalangan pelajar juga sudah berlangsung di SMKN 1 Punggelan, SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara. Selanjutnya di SMK Ma’arif NU 01 Karangkobar.

Materi dalam sosialisasi tersebut, yakni tentang sejarah Pemilu dan demokrasi di Indonesia. Kemudian, tahapan pemilu dan peran serta atau partisipasi masyarakat/pemilih dalam pemilu maupun pilkada.

“Para pemilih pemula ini, merupakan generasi penerus bangsa. Jangan sampai mereka terkontaminasi hal buruk, seperti money politics. Kami ajak untuk menjadi pemilih yang cerdas. Mencermati visi misi para peserta pemilu, dan berani menolak amang-amang maupun iming-iming,” ujarnya.

Mereka juga diajak berperan aktif dalam lemilu dengan menyalurkan hak pilihnya di TPS. Kemudian, diajak menjadi relawan demokrasi dengan menyampaikan informasi yang benar tentang pemilu. Bisa juga sebagai penyelenggara adhoc di kecamatan, desa maupun TPS jika telah memenuhi syarat.

Related Posts

1 of 155