Seputar Jateng

Jasamarga Upayakan Semua Gerbang Tol Semarang-Batang Dioperasikan saat Mulai Pemberlakuan Tarif

hitamputih.co – Setelah satu bulan masyarakat yang melintasi jalan Tol Semarang-Batang tidak dikenai biaya, mulai Senin (21/1/2019) pukul 00.00 jalan tol yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember 2018 lalu, akan diberlakukan tarif resmi.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto mengatakan, pihaknya telah menerima keputusan dari Kementerian PUPR terkait tarif tol pada Jumat (18/1/2019).

Pemberlakuan tarif itu juga berlaku pada tujuh ruas Tol Trans Jawa lainnya yang diresmikan berbarengan dengan Tol Semarang Batang.

“Tarif Tol Semarang-Batang, untuk golongan satu dikenai tarif seribu rupiah tiap kilometernya,” ujarnya, Sabtu (19/1/2019).

Ia menambahkan, saat diberlakukan tarif resmi, pihaknya berupaya seluruh gerbang tol yang lajurnya memiliki panjang 75 kilometer sudah dapat dioperasikan. Dalam tol tersebut terdapat lima gerbang tol.

Lima gerbang tol tersebut yakni Gerbang Tol Kandeman, Gerbang Tol Weleri, Gerbang Tol Kendal, Gerbang tol Kaliwungu, dan Gerbang Tol Kalikangkung (Semarang).

Sebelumnya pihaknya hanya membuka dua Gerbang Tol saja pada saat libur natal dan tahun baru. Dua gerbang itu yakni Gerbang Tol Weleri dan Gerbang Tol Kalikangkung.

“Tarifnya ditentukan di mana pengguna jalan tol itu masuk dan di mana mereka keluar, jadi di sesuai dengan jarak yang mereka tempuh,”ujarnya.

Arie mengatakan, bahwa tarif tol juga diberlakukan pembulatan sebesar Rp 500 jika jarak yang ditempuh tidak genap satu kilometer.

“Sebagai contoh, pengguna jalan tol masuk dari Gerbang Tol Weleri dan keluar di Kaliwungu. Jika dihitung jaraknya itu lebih dari 24 kilometer namun tidak sampai 25 kilometer, di situ pengguna jalan hanya dikenai tarif Rp 24.500, tidak dilakukan ke tarif Rp 25.000,” jelasnya.

Sementara itu pihak PT Waskita Karya tengah mengebut pengerjaan gerbang tol agar saat diberlakukan tarif resmi sudah dapat digunakan.

Kepala Lapangan Waskita karya proyek tol Semarang Batang seksi IV mengatakan pembangunan Gerbang Tol Kaliwungu sudah hampir selesai. Saat ini, pihaknya tengah melakukan pemasangan alat pembaca kartu tol di Gerbang Tol Kaliwungu.

“Karena jalan langsung keluar ke jalan Pantura maka dipasang Lampu traffict light. Lampunya juga sudah terpasang, hari ini kami uji coba,” jelasnya.

Pihaknya juga telah menerima permohonan pembuatan pos penjagaan dari Pemkab Kendal pada jalan keluar tol tersebut. Pos itu nantinya dapat digunakan untuk kepolisian maupun dinas perhubungan.

“Kami akan buatkan jika pihak JSB menerima permohonan itu,” katanya.(TJ)

 

Related Posts

1 of 14,811