News

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Pati Bersama Panwascam Bersiap Agendakan Seleksi PPD

Pati – Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama dengan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) bersiap untuk menggelar seleksi Pengawas Pemilu Desa (PPD).

Berdasarkan keterangan dari Koordinator Divisi (Kordiv) SDM dan Organisasi Bawaslu Pati, Karto mengungkapkan bahwa langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu tahapan menjelang Pemilu di tahun 2024 mendatang.

“Pada hari ini kita bersama dengan Panwaslu kecamatan Mas, dalam agenda untuk mempersiapkan PPD. Meskipun masih di tahun 2024 tapi tetap sesuai dengan kebijakan sudah perlu untuk dilaksanakan,” katanya saat dikonfirmasi oleh tim Mitrapost.com pada Jumat, (23/12/2022).

Lebih lanjut, pihaknya juga menginstruksikan para anggota Panwascam untuk mensosialisasikan perihal rencana rekrutmen tersebut.

Ia menyatakan bahwa pihak Bawaslu Kabupaten Pati telah memfasilitasi alat peraga sosialisasi dengan banner yang telah diberikan ke anggota Panwascam di Kabupaten Pati.

“Jadi pada kali ini kita juga telah berikan Agara dapat disosialisasikan seputar rencana tersebut, selain dengan banner atau lainnya juga bisa melalui medsos mas,” terangnya.

Sementara itu, Karto juga menyatakan bahwa sejauh ini belum ada persyaratan umum dan juga waktu dari agenda seleksi PPD tersebut.

Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa sesuai dengan kebutuhan sejumlah dengan total desa di wilayah Kabupaten Pati yakni 406 Desa/kelurahan.

“Karena secara scedhul pastinya belum dapat tentatif waktunya tetapi sudah diworo-woro oleh bawaslu RI, tapi untuk peraturan sudah mengacung pada Perpu baru tahun nomor 1 tahun 2022 ini bahwa usia daripada PPD ini diturunkan menjadi 21 tahun,” terang Karto.

#Polres Pati

Related Posts

1 of 238