KriminalitasNasionalNewsSeputar Jateng

Kampung Tangguh Anti-Narkoba di Kendal, Polda Jateng Pilih Desa Wisata Karaoke jadi Pilot Project

SEMARANG, Jateng – Perang terhadap narkoba yang merusak generasi muda terus digalakkan berbagai kalangan, termasuk aparat kepolisian. Bahkan, untuk membendung agar peredaran narkoba tidak merembas sampai ke tingkat kampung telah diresmikan oleh Kapolda Jateng.

Kampung tangguh anti narkoba se-Jawa Tengah, Selasa(13/6) di Pendopo Tumenggung, Bahurekso, Kabupaten Kendal.Sementara salah satu kampung tangguh anti nalrkoba di Kendal, yakni di Kampung Wisata Karaoke Melati Sari, Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan Polda Jateng tidak bangga menegakkan hukum kasus narkoba dan menghukum warga. Oleh karenanya perlu langkah antisipasi agar narkoba tak merajalela. “Tempat Sel kasus narkoba sampai over kapasitas, butuh pencegahan terkait narkoba”, kata Irjen Luthfi.

Pucuk pimpinan jajarannya Polda Jateng itu berharap kampung tangguh harus sebagai media komunikasi informasi edukasi dimasyarakat agar terbebas dari narkoba. “Terima kasih untuk Bupati Kendal yang akan mengucurkan dana ke tingkat desa untuk pencegahan narkoba”, tuturnya.

Jenderal bintang dua itu menekankan kepada kapolsek, camat, serta kepala desa harus mampu untuk pencegahan narkoba di tingkat bawah sesuai Instruksi Presiden.

Direktur Resnarkoba Polda Jateng Kombes Luthfi Marthadia mengatakan peresmian kampung tangguh anti narkoba Polda Jateng adalah bagian dari pencegahan peredaran dan penggunaan narkoba di masyarakat. “Sampai saat ini ada 216 kampung tangguh Anti Narkoba se-Jawa Tengah”,jelasnya.

Kombes Luthfi membeberkan di Kendal, Desa Sumberejo adalah pilot project kampung tangguh Anti Narkoba karena menggunakan dana desa dalam pencegahan Narkoba.

Sekda Jateng Sumarno mengatakan narkoba adalah ancaman nyata. Peredarannya begitu masif dan mudah sekali didapatkan. “Kampung tangguh, desa bersinar dan jogo tonggo harus kita sinergikan, karena itu adalah bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat agar terbebas dari narkoba”, kata Sumarno.

Bupati Kendal Dico Ganinduto mengatakan Pemkab Kendal punya program peningkatan kualitas sumber daya manusia. Maka generasi muda harus jauh dari narkoba.

 

Polda Jateng, Jateng, Polrestabes Semarang, Polres Rembang, Polres Sukoharjo, Polres Pati, Polres Batang, Polres Humbahas, Polda Sumut, Kapolres Sukoharjo, AKBP SIGIT, AKBP Hary Ardianto, Polres Banjarnegara

Related Posts

1 of 5,748