News

Kapolri dan Panglima TNI Kunjungi Kerja ke Papua Jelang Pemilu

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Papua. Panglima dan Kapolri menerima laporan mengenai perkembangan situasi di Papua.

Panglima dan Kapolri tiba di Makodam Cenderawasih sekitar pukul 09.15 WIT, Jumat (8/12/2023). Panglima didampingi Kapolri menerima laporan dan penghormatan dari penjagaan pos Makodam Cenderawasih.

Setelah itu, keduanya disambut dengan tarian penyambutan tepuk tangan dari TNI-Polri. Panglima dan Kapolri kemudian melakukan foto bersama di depan Makodam Cenderawasih.

Selanjutnya, Panglima dan Kapolri menerima paparan tentang situasi Papua dari Pangdam Cenderawasih dan Kapolda Papua. Penyampaian laporan dilakukan di Aula Tonny A Rompis Makodam Cenderawasih.

Selain itu, Panglima dan Kapolri memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI-Polri serta para dansatgas BKO Kodam Cenderawasih. Kegiatan tersebut diawali dengan Panglima dan Kapolri yang akan menerima paparan tentang situasi wilayah Papua dan kegiatan bersama TNI-Polri dari Pangdam Cenderawasih dan Kapolda Papua. Kegiatan diikuti oleh 156 personel dari berbagai satuan.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan Panglima dan Kapolri kepada prajurit dan PNS TNI-Polri serta para dansatgas BKO Kodam Cenderawasih. Kegiatan tersebut diikuti oleh 1.424 personel.

Dalam acara itu, Panglima dan Kapolri juga akan memberikan bantuan kepada putra-putri TNI-Polri yang berprestasi. Panglima akan memberikan bantuan kepada 10 putra-putri Polri berprestasi. Sedangkan Kapolri akan memberikan bantuan kepada 10 putra-putri TNI berprestasi.

Adapun bantuan yang diberikan dalam bentuk uang pembinaan, buku tulis, pulpen, kotak pensil, hingga tas sekolah.

Rangkaian kegiatan kunjungan ini meliputi mendengarkan Paparan Situasi Wilayah Papua oleh Pangdam XVII/Cenderawasih dan Kapolda Papua, memberikan Pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri, serta melaksanakan kegiatan Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan. Agenda ini terbagi di dua lokasi, yakni Kodam XVII/Cenderawasih dan Mako Lantamal X Jayapura.

Kunjungan ini menjadi wilayah pertama bagi Jenderal TNI Agus Subiyanto ke Provinsi Papua setelah dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada 22 November 2023.

Selain itu, kunjungan ini juga dimaksudkan sebagai langkah strategis Panglima TNI dan Kapolri untuk meningkatkan sinergitas antara TNI-Polri dalam menjaga kelancaran dan keamanan menjelang Pemilu 2024. Hal ini sejalan dengan komitmen yang disampaikan Panglima TNI dalam kunjungannya ke Mabes Polri sebelumnya.

Dalam rencananya, kedua jenderal tersebut akan melibatkan personel Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan patroli di seluruh wilayah Indonesia, baik di tingkat Polda maupun polres guna memastikan jalannya Pemilu dengan aman dan lancar di seluruh wilayah tanah air.

Related Posts

1 of 765