NewsperistiwaSeputar Jateng

Lahan Pabrik Gula di Cilacap Hanguskan Terbakar

CILACAP – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu, 14 Oktober pukul 09.00 WIB mengakibatkan satu unit pabrik gula ikut terbakar.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan kebakaran lahan tersebut menyebabkan terbakarnya satu unit rumah pabrik gula beserta tiga alat penggiling tebu yang berada di dalamnya.

“Dilaporkan bahwa api sempat membakar 20 hektare lahan yang berada di sekitar pabrik gula tersebut, tepatnya di Desa Ujunggagak Kecamatan Kampung Laut,” ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, 15 Oktober 2023.

Pada saat kejadian, kata Abdul, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap bersama tim gabungan langsung menuju ke lokasi lahan terbakar.

BPBD Cilacap, sambungnya, bersama masyarakat setempat bergotong-royong memadamkan api dengan menggunakan jerigen penyemprot air serta memanfaatkan ranting-ranting pepohonan.

“Upaya tersebut membuahkan hasil dengan padamnya kebakaran pada pukul 15.15 WIB,” tambahnya.

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah, karena saat ini masih dalam musim kemarau, agar lebih waspada dan berhati-hati menghindari potensi terjadinya kebakaran.

Beberapa di antaranya, dengan memastikan membuang puntung rokok yang dalam keadaan padam dan menghindari meninggalkan pembakaran sampah saat masih menyala.

 

Polda Jateng, Jateng, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Lutfi, Kabidhumas Polda Jateng, Bidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Polres Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo, Ajun Komisaris Besar Polisi Sigit, Polres Rembang, Kapolres Rembang, Ajun Komisaris Besar Polisi Suryadi, Polres Pati, Kapolresta Pati, Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Polres Banjarnegara, Polrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar, Polres Sragen

Ikuti berita terkini di Google News, klik di sini.

Related Posts

1 of 5,336