News

Launching Lapangan Uji Praktek SIM Baru, Dirlantas Aceh: Semakin Mudah

BANDA ACEH – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengeluarkan kebijakan lintasan uji pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C baru. Lintasan angka 8 dan zig zag dihapus dan diganti dengan lintasan huruf S.

Menindaklanjuti kebijakan baru Korlantas Polri itu, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh menggelar launching lapangan uji praktek SIM kendaraan roda dua terbaru itu.

“Kebijakan Korlantas Polri ini diterapkan serentak pada hari hari ini di seluruh Indonesia,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Iqbal Alqudusy, Senin (7/8/2023).

Kombes Iqbal menjelaskan kepada para tamu dan undangan kegiatan tersebut, selain dihapusnya lintasan angka 8 dan zig zag, Iqbal mengatakan ujian praktek SIM baru tetap mengakomodasi materi ujian yaitu keseimbangan U Turn, lintasan S dan reaksi rem yang disatukan menjadi satu kesatuan dari yang sebelumnya berdiri sendiri.

Kombes Iqbal melanjutkan, ujian juga diharapkan mempermudah peserta. “Lintasan yang sebelumnya 1,5 menjadi 2,5 dari lebar kendaraan. Untuk ujian teori masih tetap dilaksanakan namun akan diberikan panduan materi sebelum ujian teori,” lanjutnya.

Selain poin tersebut di atas, kebijakan yang baru adalah bagi yang tidak lulus ujian praktik akan diberikan pelatihan dan bimbel. Mantan Kabid Humas Polda Jateng itu berharap dengan adanya ujian praktik yang lebih mudah ini, masyarakat secara sadar mengikuti proses pembuatan SIM secara utuh.

“Tidak melalui calo,” ungkapnya.

Kombes Iqbal menyebut peserta yang mengikuti uji coba lapangan praktik pembuatan SIM yang baru merasa senang dan puas karena lapangan baru lebih simpel dan mudah namun tetap tidak mengurangi kompetensi calon pemohon SIM.

Terkait perubahan tersebut, banyak masyarakat yang meresponsnya secara positif. Salah satu pelajar yang ikut mencoba lintasan baru ujian praktik SIM, Tajun Gibran mengatakan, bahwa lintasan tersebut juga bagian dari inovasi untuk meningkatkan pelayanan, sehingga masyarakat mudah memperoleh SIM.

“Ini adalah inovasi hebat. Lintasannya lebih mudah. Semoga animo masyarakat, khususnya pelajar untuk membuat SIM bisa meningkat. Tentunya sesuai aturan yang dan syarat yang berlaku,” ujar siswa MAN 2 Kota Banda Aceh itu.

Kegiatan launching lapangan uji praktik SIM kendaraan roda 2 itu digelar Senin (7/8/2023) dimulai sekira pukul 09.00 WIB sampai selesai di Lapangan Apel Sat PJR Ditlantas Polda Aceh. Selain dihadiri pejabat Polda Aceh, kegiatan juga dihadiri pihak eksternal di antaranya Dinas Perhubungan setempat, PT. Jasa Raharja, klub motor dan mobil, pimpinan dealer, komunitas ojek online dan klub motor hingga para pelajar SMA di Banda Aceh.

 

#Polda Aceh, #Ditlantas Polda Aceh, #Dirlantas Polda Aceh, #Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, #Polda Jateng, #Aceh, #Jateng, #Banda Aceh, #Polres Sukoharjo, #Kapolres Sukoharjo, #AKBP SIGIT, #Kabupaten Sukoharjo, #Pemkab Sukoharjo, #Kabupaten Sukoharjo, #Polres Rembang, #Kapolres Rembang, #AKBP Suryadi, #Polres Pati, #Kapolresta Pati, #Kab. Pati, #Polresta Pati, #Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, #Polres Banjarnegara, #Polrestabes Semarang, #Kapolrestabes Semarang, #Kombes Irwan Anwar, #Kota Semarang, #Pemkot Semarang

Ikuti berita terkini di Google News, klik di sini.

Related Posts

1 of 75